Things that Make You Happy

by - September 19, 2020

Things that makes you happy? Having your text replied by your crush is one of the things that make you happy, right? Hahahaha no, that's not the point here.

Saya pernah mendengarkan materi yang disampaikan KH Bahaudin Nursalim (Gus Baha') dan Cak Nun dalam dua kesempatan berbeda yang isinya kurang lebih sama: jangan menggantungkan kebahagiaan kepada sesuatu yang di luar dirimu, carilah kebahagiaan dari dalam dirimu. Nggak mudah tentu saja untuk sampai pada tingkatan itu, apalagi bagi saya yang maqomnya jauh dari beliau berdua.  Seringkali sebagai manusia masih berharap pada manusia lain, dalam hal apa saja. Maka saya masih dalam tahap terus melatih diri untuk menemukan kebahagiaan dari dalam diri kita atau dari hal-hal yang bisa dijangkau diri kita.

langit cerah
Langit Gunungkidul, Januari 2020.

Menulis adalah salah satu hal yang bisa bikin saya bahagia. Menulis di blog kayak gini tuh feel alive aja rasanya. Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel ini, saya menikmati setiap proses menulis. Apalagi kalau yang saya bahas adalah suatu hal yang menyenangkan, mood saya ikutan bahagia. Saat merasa sedih pun, menulis menjadi 'pelarian'. Setahun belakangan saya aktif menulis secara manual, menggunakan pulpen di atas kertas. It's such a healing, seperti sejenak meringankan beban.

Hal sederhana lain yang membuat saya bahagia tentu saja makanan. Seperti beberapa hari lalu ketika rasanya gloomy pengen nangis, saya memutuskan jajan siomay tanpa siomay (nah loh, gimana tuh) dan semangkuk es rumput laut. Gitu aja udah bikin saya merasa sedikit lebih baik. Atau ketika jaman kuliah dulu pernah ada kejadian yang membuat saya merasa sedih banget lalu memutuskan pulang Magelang, Ibu saya menghibur dengan membelikan satu bucket Wall's Selection Double rasa Strawberry Cheesecake...dan satu bucket gede itu abis dimakan saya sambil mewek dong LoL. Oh iya, beberapa tahun belakangan varian es krim itu nggak ada lagi, Wall's kayak lebih banyak bikin varian Oreo-related yang saya tidak suka huhuhu. Ya, pada intinya bagi saya good food always create a good mood hehehe. Apa saja, nasi padang, bakso, nasi goreng, martabak, kuah daging buatan Ibu, sambel tempe, bakwan jagung, matcha hangat, kopi regal...apa saja. Kadang saya merasa perlu berdoa berkali-kali setiap merasakan makanan enak, simply biar kelezatan itu jadi berkah di tubuh dan kehidupan saya hehe.

Mie Goreng Mbak Put pada suatu siang sebelum Corona.

The next thing, langit mungkin, langit yang cerah. Itu juga membahagiakan. I have a lot of sky pics in my gallery. Tapi yang paling saya suka adalah (i think I've mentioned this countless times, everywhere hahah) langit cerah di sore hari ketika sinar matahari berwarna kekuningan dan nggak terlalu panas menyengat. Sore seperti itu seringkali saya nikmati pada perjalanan pulang kerja. Jenis sore hangat yang bakal syahdu kalau lagi berada di pantai.

Apalagi ya, banyak sih hal kecil yang bikin bahagia. Ketika eyeliner terlihat on point, ketika badan terasa bersih dan wangi habis luluran, ketika gak sengaja nemu duit di saku, ketika mencium aroma kertas buku baru, ketika bisa menikmati secangkir teh panas setelah kehujanan, etc. Semoga kita senantiasa bisa mensyukuri kebahagiaan keci yang hadir dalam hidup kita. Dan.....balik lagi ke kalimat pertama postingan ini, I understand happiness comes within, but I really do hope your crush texts you back! Good luck!

Magelang, 19 Sepember 2020 | 18:03 WIB
Cheer up!

You May Also Like

1 comments