Sekilas tentang Departemen MKP Fisipol UGM

by - March 20, 2016

Saya adalah mahasiswa semester delapan yang memiliki seorang adik yang tengah menempuh tahun terakhirnya di SMA, bulan-bulan ini ia tengah sibuk dengan berbagai macam ujian dan persiapan SNMPTN, juga mungkin SBMPTN. Terinspirasi dari keadaan tersebut, saya ingin sedikit berbagi. Bukan berbagi tips jitu menghadapi ujian atau mantra mujarab untuk dapat masuk perguruan tinggi idaman, saya hanya ingin berbagi pengetahuan tentang jurusan tempat saya menuntut ilmu, semoga dapat memberikan gambaran untuk adik-adik SMA yang tengah bingung sibuk memilih jurusan :)
Sebelumnya perkenalkan, saya adalah mahasiswa S-1 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) angkatan 2012, yaa memang sudah cukup tua haha. Fisipol UGM memiliki enam jurusan, namun yang akan saya bahas dalam tulisan ini tentu saja jurusan saya sendiri, yaitu Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP). Fyi, berhubung sekarang kata jurusan diganti dengan kata departemen, pembahasan selanjutnya saya akan menggunakan kata departemen (so, departemen = jurusan).


Togetherness :')

Apa itu departemen MKP?
Departemen MKP merupakan nama baru dari jurusan Ilmu Administrasi Negara, pergantian nama ini terjadi pada tahun 2010 karena nama tersebut dianggap lebih menggambarkan hal-hal yang dipelajari. Nama MKP hanya ada di Fisipol UGM, di perguruan tinggi lain jurusan ini biasa disebut Administrasi Negara atau Administrasi Publik.
Apa yang dipelajari di departemen MKP Fisipol UGM secara umum?
Poin ini penting untuk diketahui, pasalnya semasa awal-awal kuliah dulu beberapa kawan saya yang merasa salah memilih jurusan. Mereka mengira nama Administrasi Negara akan mempelajari hal-hal yang mirip dengan Akuntansi, padahal sama sekali tidak. Saya tidak tahu apakah masih ada adik-adik di SMA yang beranggapan demikian, atau sudah lebih paham tentang Administrasi Negara, yang jelas pada poin ini saya akan menjelaskan mengenai yang dipelajari di MKP.
Secara umum, departemen MKP mempelajari tentang pengelolaan dan penyusunan kebijakan di organisasi sektor publik, baik dalam lingkup pemerintahan maupun swasta. Sektor publik gampangnya adalah suatu lembaga yang mengurusi pelayanan bagi masyarakat luas, misalnya kementerian, BUMN, dll. Di departemen MKP kami belajar tentang teori organisasi, teori pembangunan, sistem perencanaan pembangunan, penganggaran, ekonomi sektor publik, reformasi administrasi, e-governance, dll.
Adakah pilihan konsentrasi di departemen MKP Fisipol UGM?
Jika di SMA terdapat penjurusan IPA/IPS/Bahasa/Agama, maka departemen MKP Fisipol UGM memiliki dua konsentrasi (semacam penjurusan kalau di SMA) yaitu Manajemen Publik (MP) dan Kebijakan Publik (KP), tapi sejak angkatan yang lebih muda dari saya, konsentrasi dihapuskan. Saya akan membahas mata kuliah di kedua konsentrasi sekedar untuk memudahkan pembaca :)
Teman-teman angkatan 2012 yang memilih konsentrasi kebijakan publik mempelajari tujuh mata kuliah wajib, yaitu; Analisis Kebijakan Publik, Formulasi dan Legitimasi Kebijakan, Studi Implementasi Kebijakan, Teknik Pengambilan Keputusan, Advokasi Kebijakan, Ekonomi Politik Kebijakan, serta Monitoring dan Evaluasi Kebijakan. Sedangkan bagi konsentrasi manajeman publik, tujuh mata kuliah wajib adalah; Manajeman Sumber Daya Manusia, Manajemen Aset, Manajemen Pelayanan Publik, Perilaku Organisasi, Perubahan dan Pengembangan Organisasi, Pembangunan Kelembagaan, serta Kepemimpinan Publik.
Selain mata kuliah wajib, baik konsentrasi KP maupun MP dapat memilih mata kuliah pilihan sesuai minat masing-masing individu, seperti; manajeman dan kebijakan pariwisata, manajemen dan kebijakan transportasi, manajemen dan kebijakan perkotaan, manajemen lingkungan dan bencana, manajeman perusahaan negara, manajemen proyek, pemasaran sektor publik, tanggung jawab sosial perusahaan/corporate social responsibility (CSR), dll.
Apa yang didiskusikan di departemen MKP?
Banyak hal kami diskusikan maupun kami kerjakan sebagai tugas. Contoh kongkrit adalah reformasi birokrasi di lingkup pemerintahan kota Surabaya yang terus membaik di masa pemerintahan Ibu Risma. Perubahan signifikan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) sejak masa kepemimpinan Ignasius Jonan juga pernah kami bahas. Konflik antara masyarakat dengan perusahaan/pemerintah, misalnya antara masyarakat lereng Gunung Kendeng, Blora terkait rencana pembangunan pabrik semen atau juga antara masyarakat pesisir Kulonprogo dengan pemkab dan PT JMI terkait rencana penambangan pasir besi di pesisir. Tentu saja masih banyak lagi fenomena sosial yang kami pelajari di departemen MKP.
Apa saja pilihan karir lulusan departemen MKP?
Materi yang dipelajarai di departemen MKP cukup luas, sehingga sebenarnya pilihan karirnya pun beragam. Lulusan MKP dapat bekerja di sektor pemerintahan, BUMN, BUMS, multinational corporation (MNC), aktivis pada NGO (Non-Government Organization), analis kebijakan, peneliti, diplomat, politikus, dsb.
Untuk pilihan karir ini, menurut saya tidak perlu terlalu cemas. Selama kalian berminat dan sungguh-sungguh belajar, baik belajar akademis maupun bersosialisasi, dan memiliki kualitas diri yang baik insyaallah ada jalan. Pasang target boleh, berusaha sebaik mungkin dan senantiasa berdoa jelas perlu disinergikan. Rejeki itu sudah ada yang mengatur :)
Apa saja kegiatan mahasiswa MKP di luar kuliah?
Secara spesifik, departemen MKP memiliki himpunan mahasiswa yang diberi nama Gamapi (Keluarga Mahasiswa Manajemen dan Kebijakan Publik). Dulunya, ketika masih bernama Ilmu Administrasi Negara namanya KMAN (Keluarga Mahasiswa Administrasi Negara). Entah kenapa KMAN rasanya terdengar lebih gagah hehe. Gamapi memiliki beragam program kerja khususnya bagi mahasiswa MKP UGM maupun mahasiswa-mahasiswa Administrasi Negara di seluruh Indonesia melalui program tahunan Public Action. Selain berpartisipasi di Gamapi. Tentu saja teman-teman nantinya juga dapat memilih beragam organisasi baik di level fakultas ataupun universitas, bahkan organisasi di luar kampus yang paling sesuai dengan minat kalian :)


Sometimes we go to somewhere to escape from our activities.
We didn't ready yet for the shoot, but the wave behind us is amazing
.

Bagaimana dengan biaya, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, dan sejenisnya?
Nah, untuk hal ini karena setiap tahun berubah, maka akan lebih jelas bila dibaca di link berikut mkp.fisipol.ugm.ac.id. Oh iya, pada tahun 2015, departemen MKP mulai membuka kelas untuk teman-teman yang berminat untuk menempuh studi di kelas International Undergraduate Program (IUP), dimana pada program ini mahasiswa IUP berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di UGM dan di universitas partner di luar negeri untuk meraih double degree, yaitu satu gelar dari dalam negeri (Sarjana Ilmu Pemerintahan/S. IP) dan satu gelar dari universitas partner.
Bagaimana dengan passing grade, jumlah peminat tahun lalu, kapasitas yang diterima?
Saya sendiri dulu tidak terlalu memusingkan perihal passing grade ini ketika hendak memilih jurusan kuliah hehe. Kalau untuk jumlah peminat tahun lalu, kapasitas diterima, dsb sebaiknya adik-adik googling sendiri heheh. Jangan sampai mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan kayak yang ditulis teman saya ini yaa heheh.
MKP Angkatan 2012 :)
See you on top,guys!
Itulah sedikit gambaran yang dapat saya berikan tentang departemen MKP berdasar pengalaman selama hampir empat tahun kuliah disini. Semoga memberi manfaat terutama bagi adik-adik yang tengah browsing dan berminat dengan jurusan MKP. Tetap semangat belajar, berusaha, dan berdoa yaa. Semoga kalian berhasil meraih apa yang kalian cita-citakan. Kalaupun belum teraih, percayalah mungkin Allah SWT sedang menyiapkan rencana yang lebih pas dan lebih indah untuk kalian :)
Selamat berjuang, Calon Gamada!!


Ditulis oleh mahasiswa biasa saja yang gemar menulis di blog
dan sedang berjuang menyelesaikan tugas akhir :P
Correct me if i'm wrong.

You May Also Like

19 comments

  1. kak, waktu pertama kali masuk susah ga nyari temannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap kali berada di lingkungan baru, bukankah kita harus selalu beradaptasi?? Bersikap ramahlah pada teman-temanmu kelak, hal itu akan memudahkan menjalin pertemanan dengan orang baru :)
      Lagipula nanti di awal masuk kan ada semacam ospek, nah itu akan sangat membantumu untuk mengenal teman-teman dan lingkungan barumu kelak. Jangan khawatir, dek! :D

      Delete
  2. Kak, kebetulan saya jurusan IPS dan saya berminat bgt bisa diterima di jurusan ini, ngomong2 kk jurusan apa ya dulu pas SMA? Dan kalo mau masuk MKP nilai apakah yang dilihat kak? Misalnya nilai eko dan matematika ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, dek :)
      Waktu aku juga dari jurusan IPS.
      Untuk nilai, kalau dalam kasusku dulu...jelas dilihat. Karena aku masuk dari SNMPTN jalur undangan (tahun 2012), sehingga seleksinya menggunakan nilai rapor, bukan tes tertulis. Tapi untuk nilai Matematika, aku juga nggak tinggi-tinggi banget kok, Dek..heheh

      Untuk prospek karirnya...hayo coba baca lagi tulisanku di atas, aku udah bahas masalah karirnya juga lho di tulisan ini.

      Semangat berjuang masuk MKP, Dek! :D

      Delete
  3. Oya kak gumana prospek karirnya yaa kak kalo kita ambil MKP?? Ditunggu balasannya ya kak:)

    ReplyDelete
  4. Kak, mau tanya.. mkp banyak yg dari ipa nggak ya? kira2 kalo anak ipa masuk lewat snmptn kemungkinan masuk nya bisa nggak kak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Hanifah :)
      Kalo di angkatanku sendiri ada beberapa temen yang dari jurusan IPA juga kok. Dan mungkin karena memang sudah passion-nya dan kemauan belajar, mereka tetap bisa mengikuti materi dengan baik kok. Jadi tak perlu khawatir kalau dari jurusan IPA mau masuk MKP :)

      SNMPTN itu kalau tahun ini, maksudnya yang seleksi pakai nilai rapor gitu kan ya? Kalau iya, aku juga kurang tau apakah kalau dari IPA bisa masuk lewat rapor atau harus seleksi tertulis. Coba kami cari tau aturannya di website resmi untuk SNMPTN saja, agar lebih valid.

      Selamat berjuang masuk MKP, Hanifah! :D

      Delete
  5. Kak,aku mau tanya pas kakak masuk mkp pas lewat SNMPTN, nilai rata rata rapot kakak berapa? Ditunggu balasannya ya kak :)

    ReplyDelete
  6. Kak kalo udah lulus, lulusan MKP jadi apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis makanan! Ikut bantuin kantin kampus aja sini, Mz. Atau bisnis angkringan di Maguwo dan Ayam Geprek Bismillah :*

      Delete
  7. Makasih Kak atas infonya, sekarang jadi lebih yakin untuk milih jurusan ini 😄

    ReplyDelete
  8. kak belajar di MKP susah ga ya?
    mksudnya ada filsafat2 gtu atau mikirnya suka kritis, analitis gtu g ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maulana,
      hehehe kakak rasa sebagai mahasiswa di jurusan manapun kita bakal dituntut untuk berpikir kritis dan analatis yaa :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Sist, lebih offer iup atau reguler?? Thanks Before :)

    ReplyDelete
  11. Kak kalo misal kita dari smk bisa kan masuk sana?? Trus biasanya kita harus belajar ekstra di bab apa yaa untuk masuk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Dhila. Teman seangkatan saya ada yang dari SMK jurusan Akuntansi. Kalau tidak salah nanti ikutnya tes SBMPTN yang IPC. Kalau untuk ujian masuknya, yang harus dipelajari saya rasa tetap IPS atau IPC (IPA-IPS). SBMPTN kan soalnya cenderung sama yaa, Dhila. Persiapkan diri sebaik mungkin saja. Semoga berhasil :)

      Delete
  12. Kami menyediakan soal - soal iup ugm. Hubungi WA: 081241860957

    ReplyDelete
  13. Kak punya temen dari jurusan bahasa gak di sana? Atau kakak tingkat dan adek tingkat?

    ReplyDelete