Hard Times Reveal True Friends

by - February 08, 2019


Kalimat itu dulunya mungkin hanya sebuah kutipan yang saya iyakan hingga saya benar-benar mengalami the real definition of hard time dan merasakan betapa hanya orang-orang yang benar-benar peduli yang menemani di sisi kita dalam menjalani masa-masa sulit. Semandiri apapun seseorang, dalam hidupnya bisa jadi akan ada satu titik dimana dia benar-benar membutuhkan bantuan dari orang lain. Ya, dalam masa sulit itu Tuhan mengingatkan kembali bahwa sebagai manusia, ada saatnya kita PASTI membutuhkan bantuan orang lain untuk sekedar melakukan hal-hal yang sepele sekalipun. Bahwa 'hal sepele' itu sungguh nggak bisa kita lakukan sendiri tanpa izin-Nya. Bahwa kita tak bisa hidup sendiri. And in the end, they're always a family. Not everyone else.

Saat masa sulit itu datang, akan begitu terasa mana orang yang benar-benar peduli. Dan hal itu sangatlah wajar. Karena memang setiap orang sibuk dengan kehidupannnya masing-masing, sibuk dengan pekerjaan, dan keluarga masing-masing. Setiap orang punya prioritasnya sendiri. Tak jarang, yang kita kira akan ada justru tiada. Yang kita kira dekat ternyata begitu jauh. Dan sebaliknya, yang dari jauh justru yang paling peduli. We never know. Tapi keluarga, mereka selalu ada, selalu menemani.

Kim Jongin and his hard time, with his friend beside (pic source: pinterest)

Masa itu justru merupakan sebuah kesempatan kita untuk kembali merunung dan belajar...menjadi manusia. Lewat masa-masa diuji oleh-Nya, seringkali kita juga justru punya kesempatan untuk berkontemplasi. Lebih sensitif terhadap hal-hal di sekitar kita, lebih memikirkan keadaan dan perasaan orang lain. Lebih banyak memikirkan hal-hal yang sebelumnya jarang kita pikirkan dalam-dalam...karena mungkin selama ini saya terlalu egois, terlalu sombong. Benar adanya jika di balik setiap musibah pasti ada hikmah. Setidaknya saat ini, hikmah yang dapat saya ambil adalah sebuah kesempatan untuk banyak-banyak mendapat self-reminder dan meneladani sikap baik yang ditunjukkan orang-orang di sekitar kita. Agar kelak, jika berhadapan dengan orang dengan masa sulitnya, kita juga bisa menjadi lebih bijak dari kita sebelumnya. 

Dan sejatinya lewat setiap cobaan kita sekali lagi diingatkan untuk senantiasa kembali pada-Nya.

Magelang | February 08, 2019
It's rain outside
and I miss you a lot...just like always

You May Also Like

1 comments

  1. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    Well over 160 000 women and men are losing weight with a simple and secret "liquids hack" to lose 1-2 lbs each night in their sleep.

    It is simple and works all the time.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Hold a clear glass and fill it half the way

    2) Proceed to learn this amazing HACK

    and you'll be 1-2 lbs thinner the next day!

    ReplyDelete