Variety Show All The Butlers: Seru, Lawak, dan Inspiratif

by - December 22, 2018

Variety show (VS) yang saya ikuti dari awal perjalanannya adalah Jibsabu Ilche, alias All The Butlers, alias Master in The House. Bermula dari membaca artikel di Soompi tentang VS baru yang konsepnya menurut saya menyenangkan, saya jadi pensaran sama Jibsabu. Alhamdulillah acara ini ada di Viu jadi sangat memudahkan saya buat nonton hahaha. Sejak itu saya mengikuti Jibsabu dari awal tayang hingga kini, meskipun ada beberapa episode yang gak saya tonton full karena bosan hehe. Nggak terasa, November lalu Jibsabu udah merayakan setahun mereka tayang dan menghibur saya. So, they deserve to be written here hahaha. Btw, Jibsabu ini sangat recommended karena setiap minggunya kita bakalan dapet insight baru dari beragam bintang tamunya.



Tentang apa?

Jadi, Jibsabu ini tuh ceritanya variety show yang dibintangi empat orang anggota tetap: Lee Sang Yoon, Yang Se Hyeong, Lee Seung Gi  dan Yook Sung Jae. Nah, empat orang ini setiap minggunya bakal dipertemukan dengan seorang "majikan" dan nginep dua hari satu malam di rumah sang majikan. Selama nginep, Seung Gi cs diwajibkan mengikuti gaya hidup sang majikan dan belajar sesuatu dari majikan alias sabu-nim. Yang menarik adalah: setiap minggunya sabu-nim mereka selalu breganti-ganti dan identitas sang majikan selalu dirahasiakan. Sesekali bakal ada sesi dimana member Jibsabu diberi kesempatan menebak siapa majikan mereka berdasar petunjuk yang diberikan seseorang via telepon, ini juga bakal jadi sesi paling seru dalam VS. Dalam 42 episode yang sudah tayang, tim Jibsabu menyajikan sabunim yang sangat bervariasi, ada rocker senior, atlet speed skating, biksu, aktris senior, penyanyi muda berbakat, aktor yang lebih sering tampil di panggung musikal, pelatih sepak bola, dll.


Para Member Jibsabu

Pertama adalah Lee Seung Gi (aktor, penyanyi, entertainer laah pokoknya, 32 tahun), doi baru sebulan keluar dari wamil kala memutuskan join Jibsabu, makanya dia nggak bisa berhenti ngomongin militer di awal-awal episode dan sering ditegur sama Se Hyeong hahaha. Btw, Seung Gi ini emang keren sih, wamilnya dia ditempatkan di unit tempur Kopassus-nya Korea, makanya dia sombong banget hahaha. Diantara empat member, Seung Gi ini yang semangat gitu orangnya sekaligus paling kompetitif misal lagi ada game, meskipun endingnya cuma gede omongan tapi kalah. Dia juga sering didapuk sebagai leader-nya tim Jibsabu, bahkan para hyung mengagumi dan mengakui leadershipnya Seung Gi di depan maupun di belakang kamera.

Lee Seung Gi leadernim (pic source)
Meskipun debut sebagai penyanyi, tapi akhir-akhir ini kita bakal lebih sering disuguhkan Seung Gi sebagai aktor di layar kaca. Namun, pada episode-episode Jibsabu pemirsa bakal sering menjumpai Seung Gi nyanyi dengan suara emasnya. Fans lama mungkin bakal jadi kangen lihat dia di panggung.


Kedua, Yang Se Hyeong  (komedian, 34 tahun)...saya beneran baru kenal orang ini disini. Dia adalah komedian yang bener-bener menceriakan tim Jibsabu, siap-siap aja dibikin ngakak dengan ucapan-ucapan doi yang out off the box. Sebagai orang yang agak banyak tingkah, Se Hyeong sering menarik perhatian dan jadi favorit sabunim, tapi ada juga saat ketika sabunimnya nggak suka sama orang banyak tingkah macam Se Hyeong hahaha.

Sung Jae, the Jibsabu maknae (pic source)
Ketiga, Yook Sung Jae (idol, aktor, 24 tahun)...personil boyband BtoB yang juga dikenal lewat drama Goblin sekaligus maknae di Jibsabu. Sung Jae ternyata adalah fans beratnya Seung Gi, bahkan lagu yang dia nyanyikan pas semacam audisi dulu adalah lagunya Seung Gi. Betapa Sung Jae adalah fans yang sukses menyetarakan diri dengan idolanya, bahkan kerja bareng di satu program TV.

Kalo lagi ada sesi game atau dikasih tantangan sama sabunim, Sung Jae ini tipe yang gak banyak komentar dan nyimak dengan baik, nggak jumawa macam Seung Gi atau Se Hyeong, tapi eksekusi doi seringkali boleh juga daripada para hyung. Sebagai maknae yang jarak usia dengan hyung-nya lumayan jauh, menurutku Sung Jae bisa menyesuaikan dengan baik.

Lee Sang Yoon ahjussi (pic source)
Member terakhir adalah Lee Sang Yoon  (aktor, 36 tahun), aktor smart lulusan Teknik Fisika SNU yang baru pertama kali ikut variety show. Awalnya Sang Yoon ini kaku banget asli, awkward gitu keliatannya. Tapi kelempengan doi ini malah jadi hiburan tersendiri. Seringkali kepolosan Sang Yoon sungguh menggemaskan dan bikin ngakak meskipun saya merasa jahat telah menertawakan doi haha. Btw, saya sebelumnya udah kenal Sang Yoon dari drama On The Way to The Airport, he’s soo good in this drama. Kalo kata lagunya taylor Swift sih "he's so tall, handsome as hell~" huhuhu. Apalagi suaranya kalo ngomong, hmm...enak banget didengerin, macam suara Hong Jong Hyun di King in Love. Eh tapi jangan tanya kalau dia lagi disuruh nyanyi sama sabunim, suaranya entah kenapa jadi aneh gitu haha, mungkin karena doi nggak terbiasa nyanyi kali ya.

Jibsabu Edisi Penyanyi

Majikan di episode perdana Jibsabu adalah rocker senior Korea, Joen In Kwon.Beliau ini nggak asing bagi saya. Saat itu saya cuma pernah lihat Pak Joen In Kwon nyanyi lagu Don’t Worry bareng almarhum Jonghyun SHINee. So sweet banget video itu rasanya. Ternyata Pak Jo In Kwon yang bergaya hidup nyentrik inilah pencipta lagu Don’t Worry yang juga jadi soundtrack K-Drama Reply 1988.
 
(pic source)
Pak Joen In Kwon nggak tinggal di pusat kota seperti umumnya artis, tapi beliau memilih tinggal di sebuah rumah sederhana pinggiran kota. Member Jibsabu harus menempuh perjalanan jauh dan mendaki banyak tangga buat sampai rumah beliau. Meski rumah beliau kecil dan sederhana, tapi beliau punya studio musik yang lumayan bagus. Yaa gimana yaa, namanya juga penyanyi. Pak Jo In Kwon bahkan sempet nyanyiin lagu Don't Worry di studionya, suara dan penghayatan beliau sukses bikin member tertua, Sang Yoon, nangis bombai. Selain itu, sabunim pertama ini juga punya kebiasaan makan makanan yang mungkin agak nggak umum yaitu bubuk madu, yaudah itu seharian anak Jibsabu kenyang makan bubuk madu yang konon rasanya aneh hahaha. Di episode ini para member beneran harus mengikuti gaya hidup majikan yang sangat-sangat nggak biasa menurut saya.
 
Jika kamu menggemari korea, khususnya KPop, nama SM Entertainment pasti nggak asing lagi. Suatu hari, Jibsabu pernah syuting di kantor salah satu agensi besar di Korea Selatan ini. Kala itu, yang jadi sabunimnya adalah BoA, penyanyi SM yang udah debut sejak usia 15 tahun. BoA yang usianya sepantaran dengan para member Jibsabu saat itu lagi mau launching single barunya, jadi diliatin ketika BoA latihan dance dan meminta para member buat ikut nyobain dance juga. Siap-siap aja dibikin ketawa ngakak sama dance-nya Lee Sang Yoon. Oh iya, di bagian ini juga ada saat dimana BoA ngenalin boyband NCT ke Seung Gi cs. Di episode ini pula netizen baper karena berharap Lee Seung Gi ketemu mantannya yang anak SM, Im Yoona hahaha.

Member Jibsabu ketemu NCT di studio tarinya SM Entertainment (pic source).
Nggak cuma itu, sebagai sunbaenim yang udah banyak makan asam garam dunia hiburan dan berprestasi lewat banyak awards, BoA ternyata juga menduduki jabatan penting di manajemen SM Entertainment. Saya lupa nama jabatannya apa, tapi yang jelas salah satu tugas BoA adalah ngedengerin curhatan idol-idol hubae (junior) terkait karir. Ketika para member pura-pura jadi idol muda dan curhat ke sabunim, wow...BoA ini berubah jadi ngeri gitu wkwkwk. Yha gimana, berkarir sejak remaja dan masih eksis sampe kini, pastinya berarti BoA sanggup menghadapi segala rintangan dan nggak nyerah, so that's also the thing that SM idols have to learn. Inikah yang dihadapi idol-idol SM saat ketemu BoA?? hihihi.

Jibsabu nge-dance bareng BoA sabunim.

Tapi kengerian itu berubah jadi keramahan pas mereka nginep di rumah BoA. Kayak BoA bahagia gitu diinepin temen-temen seumuran, mereka ngobrol semaleman cerita ngalor ngidul layaknya kalau kita ketemu teman. Lalu ada saat ketika para member mengagumi BoA yang udah kerja kelas sejak muda banget di industri hiburan yang keras, mana solo karir, pasti nggak mudah...dan dengan jadwal super padat, mungkin agak susah buat sosialisasi. Makanya para member bahagia saat mereka bisa jadi "teman" buat BoA sabunim.

Jibsabu Edisi Olahraga

Jibsabu di arena speed skating Taereung Sport Center bareng Lee Seung Hoon sabunim (pic source).
Episode favorit saya sejauh ini ya tetep episode 10-11 ketika majikannya adalah Lee Seung Hoon, peraih medali emasi cabang speed skating di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. Mereka syuting episode ini nggak di rumah sang majikan tapi di pusat pelatihan Korea yang kalo nggak salah paling gede di negara itu, Taereung Sport Center. Jadi diliatin tuh gimana supernya fasilitas latihan buat para atlet Korea dan saya sungguh takjub pemirsa. Tempat gym-nya luassss sekali, ada "lapangan" speed skating juga yang  juga gede bingit, terus kantin makanan yang tentunya menjaga banget gizi-gizi para atletnya, dan yang paling bikin takjub adalah cerita sabunim-nya soal 'menu' latihan yang harus dilakukan atlet-atlet Daehan Minguk demi mengharumkan nama negara. Hasil latihan mereka, bisa dilihat dari hasil Asian Games 2018 kemaren yang menempati posisi tiga dengan 177 medali dan di Pyeongchang dapat peringkat tujuh. Si member kayak seneng banget bisa masuk Taereung Sport Center dan ketemu atlet langsung, apalagi si atlet ini umurnya nggak jauh beda dari mereka jadi nyambung banget ngobrol dan guyonnya. 

Member Jibsabu dapet telepon petunjuk dari MC Nasional Korea Yoo Jae Suk tentang sang majikan berikutnya, yaitu pesepakbola Park Ji Sung. (pic source)
Jibsabu bareng Park Ji Sung sabunim.

Sabunim di bidang olahraga nggak cuma Lee Seung Hoon saja. Pesepak bola legendaris Manchester United, Park Ji Sung juga pernah jadi sabunim pas musim-musim piala dunia. Ini episodenya juga semangat banget gitu, para member diliatin museum pribadinya Park Ji Sung dan jadi host siaran piala dunia kemaren. So lovely.

Ada juga atlet baseball. Yha, di Korea kan baseball tuh kayaknya sangat dihargai ya. Episode bareng si atlet baseball ini agak berasa Superman Return karena beliau punya anak masih kecil dan para member dilibatkan merawat balita-balita lucu itu. Nggak nyangka aja, si atlet yang badannya gede ternyata adalah sosok sangat penyayang sama keluarga.

Jibsabu juga pernah syuting di Vietnam ketika sabunimnya adalah pelatih timnas sepakbola Vietnam yang merupakan warga negara Korea. Beliau ini tergolong berhasil mengharumkan sepak bol Vietnam dan sangat dielu-elukan warga Vietnam. Ketika mereka syuting di jalan umum, orang kayang nggak peduli Sang Yoon, Se Hyeong, Seung Gi, atau Sung Jae...yang mereka panggil cuma nama park Hang Seo sabunim hahaha. Dan saya lihat di Twitter, tahun ini tuh Vietnam menang Piala AFF dan mereka selebrasi warga Vietnam atas kemenangan ini sungguh luar biasa. Nama Park Hang Seo tentu makin dipuja di Vietnam.

Park Hang Seo sabunim, pegang piala kemenangan Vietnam di AFF 2018 (pic sourse)


Jibsabu Ter-Emosional

Kalau mengikuti Jibsabu, atau mungkin nonton satu episodenya saja, cukup keliatan kalo Sang Yoon, Se Hyeong, Seung Gi, dan Sung Jae ini punya kepribadian yang berbeda-beda, bahkan bisa dibilang kontras. Sang Yoon, member tertua dan paling nggak pengalaman di VS adalah yang paling sering keliatan "struggling" di acara ini. Nah, suatu hari mereka dapet sabunim Nyonya Shin Ae Ra yang sedang ambil S3 Psikologi di LA dan mereka tentu saja syuting di LA. Episode bersama Nyonya Shin Ae Ra adalah episode paling emosional karena disitu, para member diminta sang calon doktor untuk melakukan tes psikologi dan dianalisis bareng-bareng. Hasil tes itu menunjukkan bahwa keempat orang emang punya kepribadian berbeda dan analisis Nyoya Shin Ae Ra sangat membantu para member untuk lebih memahami diri sendiri ataupun temannya. Para member juga mengungkapkan tentang apa yang dirasakan mereka tentang dirinya, tentang temannya, dan tentang acara Jibsabu. Tentu saja, air mata nggak tertahankan. Tapi sejak saat itu, kayaknya member jadi ngerasa lebih dekat satu sama lain, episode ini tuh kayak apa yaa...refresh-nya Jibsabu gitu. Kayak para member siap menyambut hari baru setelah mereka saling memahami. Thanks a lot to Shin Ae Ra sabunim.


Jibsabu emotional moment with Shin Ae Ra sabunim (pic source).
Perbedaan karakter para member menurut saya adalah salah satu kekuatan Jibsabu. Ada yang citra yang khas dari tiap member yang bikin mereka unik dan saling melengkapi di acara ini. Empat orang itu bener-bener pas buat memberi warna di acara ini. Thank you.

Jibsabu Rasa Law of The Jungle
 

Setiap episode Jibsabu selalu berbeda "warna"-nya, entah itu dari faktor karakter majikan, lokasi syuting, atau challange-challange yang dikasih, tapi ada satu yang menurut saya paling enggak biasa, yaitu ketika sabunimnya adalah Kim Byung Man. Karena sabunimnya merupakan host variety show Law of The Jungle, maka episode kali itu saya sebut: Jibsabu rasa Law of The Jungle hahaha.

Ada bagian yang Law of The Jungle banget  (meski saya baru nonton satu episode Law of The Jungle , itupun nggak kelar) ketika mereka kerja keras buat membangun sesuatu dari alat-alat ala kadarnya dan masak di tempat terbuka di tengah guyuran hujan, meskipun malamnya mereka tetep bobok di semacam homestay dan nggak di tenda ala-ala Law of The Jungle hahaha.


Lewat episode ini pula kita bisa belajar tentang arti kerja keras. "If you want something that you never have before, you've to work harder like you never did before." Kim Byung Man sabunim orangnya pensaran banget sama banyak hal random dan dia belajar dan berlatih keras buat menguasai hal itu. Beliau punya banyak banget lisensi resmi misal buat skydiving, yang untuk mendapatkannya seseorang harus terjun payung 500 kali. Atau sertifikat selam yang juga harus diperoleh dengan syarat tertentu. Lisensi-lisensi semacam itu nggak cuma dia punya satu dua tapi banyaaaakkk banget di berbagai bidang! Takjub aku sama perjuangannya.

Nah, yang diliatin di episode ini sekaligus yang bikin beda adalah karena saat itu Kim Byung Man sedang ngejar sertifikat pilot, iya...pilot! Dan buat dapetinnya, beliau harus belajar teori penerbangan setahun full dan praktik terbang hingga jam terbang tertentu. Terus tim Jibsabu diajak juga buat terbang pake pesawat kecil, bahkan Lee Sang Yoon dapat penghargaan buat jadi co-pilot. Seru banget itu Sang Yoon untuk pertama kalinya terbang, pake baju pilot....aaaa soo cool, as expected from Lee Sang  Yoon hahaha. Langsung keinget drama On The Way to The Airport saya, dimana saat itu doi selingkuh sama istri pilot hahaha. Trus sekarang jadi pilot 'beneran' wkwkwk.
 

Jibsabu Edisi Ulang Tahun
 

Bocah-bocah yang kaget ketemu Son Ye Jin.
Episode Jibsabu yang terakhir saya tonton adalah edisi anniversary-nya mereka, dimana mereka dapet hadiah ulang tahun seorang tamu (karena doi nggak mau disebut sabunim) yaitu aktris senior Son Ye Jin yang kemarin habis maen drama fenomenal Pretty Noona Who Buys Me Food bareng Jung Hae In (tapi saya nggak nonton drama ini sama sekali). Di episode inilah, pertama kalinya saya ngelihat semua member Jibsabu berada dalam suasana sangat awkward yang begitu lama. Kayak mereka udah terpesona duluan sama Son Ye Jin noona hingga tak mampu berkata-kata HAHAHA. Tapi serius deh, lama banget kayaknya sampe mereka bener-bener bisa get along sama Son Ye Jin, katanya sih hal ini dikarenakan mereka terbiasa ketemu sabunim sepuh terus tiba-tiba ketemu yang muda kinyis-kinyis macam Ye Jin noona hahaha.
 

Sabunim Idaman Saya

Sebagai seorang fans, saya tentu memiliki harapan dan angan-angan yang semoga bisa jadi kenyataan. Kalau bisa milih sabunim yang saya pengen lihat buat 'membimbing' bocah-bocah Jibsabu ada beberapa nih HAHAHA.

  • Aktor kawakan Song Kang Hoo, well menurut saya Song Kang Hoo adalah jaminan mutu. Hampir semua film favorit saya ada beliaunya. Penasaran aja saya sama kehidupan beliau dan penasaran sama nasihat-nasihat apa yang bakal dikasih ke Seung Gi cs, atau at least pengalaman-pengalaman menarik beliau. Apalagi beliau kan sangat jarang tampil di variety show yaa.
  • Lee Byung Hun, yaa jelas kalau ini mah. Anak-anak Jibsabu juga pasti pengen banget dapet sabunim beliau. Tapi Pakde Byung Hun pasti kan jadwalnya padet banget yaak syuting film hollywood dan film dalam negeri, belum lagi datengin award-award huhuhu.
  • Son Heung Min, punggawa Tottenham Hotspurs hahaha tentu saja saya pengen anak muda berprestasi yang dapet izin gak join wamil ini jadi sabunim. Seru lagi kalo syutingnya di UK, sekalian meet up sama mantan sabunim Park Ji Sung. Well, Heung Min mungkin masih muda tapi tentu saja banyak pengalaman berharga yang bisa dia bagi kan. Sayangnya jarak memisahkan dan Heung Min pasti sibuk banget dengan jadwal bareng Spurs dan timnas Korea.
Eits...tapi nggak ada yang nggak mungkin kan? Kru-nya Jibsabu kan super banget. Kalo Park Ji Sung, aktor hollywood Lee Ki Hong, biksu Pomyun, dan syuting di LA aja mungkin buat mereka kenapa enggak dengan kemungkinan-kemungkinan di atas. Hahaha. Semoga saja yaa. Saya juga pengen Yoo Jae Suk, Ha Joong woo, jadi sabunim hahaha.

Itu tadi cerita saya tentang satu-satunya variety show yang saya ikuti tiap episodenya. Nggak semua sabunim bisa saya sebutkan di cerita ini, makanya saya cuma menuliskan yang menarik perhatian aja. Sebenernya semua sabunim itu seru dan menyenangkan, selalu beda atmosfernya. Saya merekomendasikan variety show satu ini buat ditonton menemani weekend Anda. Nggak cuma bikin ngakak tapi juga inspiratif.

Well, selamat ulang tahun buat Jibsabu, semoga makin semangat menghibur pemirsa dengan sabunim yang keren-keren. Luv you!
 

22 Desember 2018
Selamat Hari Ibu
Ditulis sambil menanti EXO tampil di Knowing Brothers

You May Also Like

1 comments