Legacies Of Power

by - October 06, 2014

Jogjakarta selain dikenal sebagai Kota Pelajar, menurut saya juga merupakan Kota Seni dan Budaya. Di tempat ini, para pecinta seni diberi wadah yang cukup memadai untuk mengekspresikan diri mereka. Seni rupa, seni teater, seni musik, seni tari, seni kriya, dll semua memiliki kesempatan untuk menampilkan karya di Kota Istimewa ini. Partisipan dan penikmatnya pun tak melulu dari kalangan pecinta seni karena acara-acara ‘unjuk gigi’ tersebut seringkali dikemas dalam suatu kegiatan yang ‘orang awam’ pun dapat menikmatinya, bahkan membuat mereka sedikit melek seni. Saya sebagai salah satu dari ‘orang awam’ tersebut merasa bersyukur dapat tinggal di tempat ini. Terimakasih Jogja :)

Salah satu acara yang diselenggarakan di Jogja dalam rangka mewadahi karya para seniman adalah Pameran Seni ArtJog. ArtJog diadakan setiap tahun oleh Dinas Pariwisata DIY. Tahun ini, ArtJog yang dilaksanakan pada 07-30 Juni 2014 lalu dan mengusung tema Legacies of Power. Sebuah tema yang sesuai dengan kondisi politik Indonesia saat itu, dimana sedang terjadi (konon) Pesta Rakyat melalui Pemilihan Umum atas anggota DPR/DPD RI dan Presiden/Wakil Presiden RI untuk masa bakti 2014-2019.  ArtJog 2014 digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dan buka setiap hari dari pukul 10.00-21.00 WIB. Harga Tiket Masuk bisa dikatakan sangat murah untuk acara sebesar ini, yakni Rp10.000,-.

Tiket Masuk ArtJog 2014

Memang ArtJog sudah berlalu beberapa bulan yang lalu, tapi tak ada kata terlambat rasanya untuk menuliskan sebuah cerita, untuk berbagi sebuah pengalaman. Berikut ini adalah beberapa foto karya-karya yang dipamerkan di ArtJog 2014 yang sempat saya abadikan ketika berkunjung ke sana. Foto di bawah ini menunjukkan karya seni, kemudian foto selanjutnya adalah semacam ‘caption’ karya tersebut, demikian seterusnya (foto karya diikuti caption). Beberapa foto, utamanya foto keterangan dari  karya seni sengaja saya edit agar lebih cerah. Ya, saya ke ArtJOg 2014 sebanyak dua kali..ketika malam dan ketika siang. Kamera yang saya gunakan untuk mengabadikan beberapa karya kurang bagus apabila digunakan memotret di malam hari, jadi khususnya foto yang diambil malam hari sengaja di-edit agar tidak terlalu gelap. Selamat menikmati :)

Penjelasan mengenai tema umum ArtJog 2014, Legacies of Power.

Catch Me If You Can



Dari Abu Kembali Menjadi Abu, Dari Debu Kembali Menjadi Debu



Keberangkatan Pengasingan Presiden Soekarno
oleh Belanda ke Pulau Bangka



Promises (From The Series of Silence, 2014)



Riding The Tigerish Goat



History Repeats Itself


Berikut ini adalah salah satu karya favorit saya. Sebuah kerajinan 'kristik' bergambar uang seratus dolar Amerika. Alasan saya menyukai karya ini sebenarnya adalah karena pada saat itu saya juga sedang membuat kerajinan serupa hehe

Frame of Faith



Pandora's Box


Unfinished Journey



A Hundred Hopes (tribute to Street Fighters)



Untittled


Another Picts

Kalau foto-foto di bawah ini adalah foto yang saya ambil tanpa sempat memotret caption-nya. Juga beberapa foto narsis saya ketika mengunjungi ArtJog 2014. Saya berkunjung kesana dua kali, pada malam tanggal 8 Juni 2014 bersama Hani dan pada 26 Juni 2014 bersama Ibu dan adik ketika siang hari :)




"Power"
Don't ever underestimate the power of this lady B)


Terimakasih telah datang untuk putrimu, Mah :*





with my lovely Hani ^^
Boneka kabinet goni karya Samsul Arifin, karya utama dalam ArtJog 2014.

Last, terimakasih Jogja yang membuat saya pribadi dan juga mungkin insan-insan yang lain semakin melek seni. Syukurilah bagi kalian yang bisa tinggal di sini walaupun sementara. Kunjungi juga acara-acara seni lain seperti Festival Kesenian Yogyakarta dan berbagai festival lainnya. Jangan lupa pepatah kecil ini; "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung." :)
Pesta demokrasi sudah usai, pemerintahan baru dimulai. Kawal-lah pemerintahan yang sekarang, wahai mahasiswa. Lewat seni yang disajikan dalam ArtJog 2014, saatnya kita melek politik. Karena kesejahteraan masyarakat ditentukan melalui proses-proses politik (sok-sokan mahasiswa sospol :p)

Mari berkarya!


Taman Sansiro, Kampus Biru
pada suatu sore :)

You May Also Like

0 comments