[K-DRAMA] Mr. Sunshine: Salah Satu Drama Recommended 2018

by - August 11, 2018

The saddest thing about nonton K-Drama adalah ketika kamu nggak ada temen buat membahasnya. Apalagi kalau genre drama yang kamu suka adalah sageuk, yang nggak umum disukai orang. Maka, pelampiasan terbaik adalah menuliskannya. Hope someone out there who has the same interest would understand how much you love it hahaha.

preview drama mr. sunshine
(sumber gambar)


Mr. Sunshine bukanlah drama yang saya tunggu-tunggu kedatangannya, seperti Asadal Chronicles yang bakal dibintangi Song Jong Ki dan Kim Ji Won. Meski saya nge-follow akun-akun K-Drama dan beberapa kali melihat unggahan tentang Mr.Sunshine dari jaman sebelum tayang, saya tidak terlalu antusias kala itu. Baru ketika akun-akun itu menceritakan betapa mempesonanya episode awal Mr. Sunshine, saya jadi penasaran. Saya berhasil mendapatkan episode 1-4 setelah drama tayang dua minggu...dan ya, saya terkesan dan memutuskan mengikuti drama on-going satu ini. Well, sebagai newbie di dunia Hallyu, saya buka tipe yang mengikuti drama on-going, saya lebih sering nonton drama yang udah tayang dari jaman kapan. Mr. Sunshine datang ketika saya mencoba nonton Why Secretary Kim, namun episode awal sudah bikin saya jengah dan silauuuu dengan pesona Mbak Park Min Young. Saya juga mencoba nonton Lawless Lawyer gara-gara suka sama suaranya Seo Ye Ji, tapi juga bosan di tengah jalan. Maka Mr. Sunshine hadir memberikan warna berbeda.



Dua episode pertama sudah luarrr biasaaa. Saya suka dengan dialog-dialognya yang sungguh dramatis hahaha. Apalagi didukung dengan musik latar yang pas, atau kadang hening sama sekali, menekankan tatapan mata para pemain dan kekuatan dialognya. Latar lokasinya juga keren, sageuk drama yang nggak jadul-jadul amat karena udah nggak murni jaman kerajaan, tapi udah memasuki masa Ekspedisi Amerika ke Joseon. Jadi, udah ada sentuhan peradaban Western bahkan percampuran budaya Jepang juga di Joseon. Perpaduan kostum yang sering ditemui di drama kolosal Korea dan period movie dari Barat. Suka! Setelah lihat dua episode awal, barulah saya cari tahu lebih banyak tentang drama ini, mulai dari liat trailernya, penulisnya, aktornya sampai ke soundtrack-nya.


Ekspresi excited sama Mr. Sunshine (sumber gambar).



Alur dan Latar Cerita



Latar cerita Mr.Sunshine adalah pada era Joseon akhir di masa kemimpinan Raja Gojong (sekitar tahun 1870-an), ketika Amerika datang ke Joseon (dikenal dengan Ekspedisi Amerika/Shingmiyangyo). Saat itu udah ada juga tentara-tentara Jepang yang menetap di Joseon (kurang tahu yaa dalam rangka apa, mungkin perang Jepang atau apa). Nah, ceritanya ada seorang budak yang karena peliknya hidup, ia harus meninggalkan Joseon ketika berusia sembilan tahun. Budak ini ikut seorang warga Amerika ke Negeri Paman Sam dan ketika dewasa bergabung dengan US Marine Army, dialah Choi Yu Jin a.k.a Eugene Choi, sang pemeran utama. Tiga puluh tahun kemudian, Eugene ditugaskan ke Joseon dalam rangka Ekspedisi Amerika. Takdir mempertemukan budak yang menyimpan dendam pada Joseon dengan seorang gadis pejuang bernama Go Ae Shin, dan...yha tentu saja doi jatuh cinta sama cucu bangsawan yang rupawan dan mahir nembak itu.


Kim Tae Ri sebagai Go Ae Shin (sumber gambar).


Ternyata mewujudkan love gak gampang, yorobun. Gak cuma Eugene yang memendam rasa ke Ae Shin. Ada seorang jagal yang tumbuh besar di Jepang dan jadi ksatria pedang bernama Go Dong Mae yang juga kepincut sama Ae Shin karena dulu pernah ditolong waktu kecil. Ada juga anak bangsawan bernama Hee Sung yang ternyata udah ditunangkan sama Ae Shin. Nah, loh...saingannya sama tunangan orang. Tapi, selama janur kuning belum melengkung, masih bisa laah ya diperjuangkan hahaha. Yha, ketebak laah nanti drama bakal muter-muter di love story empat orang itu, tapi so far nggak ngebosenin. Karena masing-masing oppa ini punya karakter unik yang minta disayang banget. Jadi, netizen udah rame tuh nge-ship DongMae-AeShin, YuJin-AeShin, dan HeeSung-AeShin. Kalian nge-ship siapa dong?

Tapi, Mr.Sunshine nggak cuma fokus ke love story. Ada juga dibahas balas dendamnya Eugene ke keluarga bangsawan yang dulu membunuh orang tuanya, Dong Mae yang abu-abu...antara kerja buat Jepang atau buat Joseon, dan perjuangan Ae Shin dan organisasi pergerakannya demi kemerdekaan Joseon. Tapi, kisah ini terlalu kompleks buat dibahas satu-satu di tulisan ini hehehe.


Screenwriter

Screenwriter Mr.Sunshine bernama Kim Eun Suk. Ibu Kim tak lain adalah penulis drama hitz Goblin dan Desecendants of The Sun (DoTS). Di dua drama sebelumnya, Ibu Kim berkolaborasi sama sutradara Lee Eung Bok dan lewat Mr.Sunshine, mereka kerja bareng lagi. Saya udah nonton Goblin dan Desecendants of The Sun. Namun, saya kurang suka sama Goblin karena genre-nya fantasi, sementara DoTS...saya lebih tertarik kisah cinta second lead couple Sersan Seo dan Letnan Yoon daripada dua tokoh utamanya, meski tak dipungkiri saya menyukai chemistry SongSongCouple di kehidupan nyata. DoTS juga bikin lelah karena pindah dari adegan happy ke sedih atau menegangkan tuh cepet banget dan endingnya hiks...kenapa hidup lagi yaak? Kan wagu hahaha.

Ibu screenwriter: Kim Eun Suk.

Oke, balik ke Ibu Kim Eun Suk dan Mr.Sunshine, saya hendak mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada engkau wahai Ibu Kim. Terima kasih telah menulis dialog-dialog dramatis di drama ini.  Kalau ada drama macam Reply 1988 menyajikan dialog yang kita temui di daily activities, Mr.Sunshine ini dialognya nggak biasa banget.....but I’m perfectly okay with that! Kalau mau lihat contoh dialognya coba klik di sini abis itu, masih ada ini geli nggak tuh hahah. Ini bakal jadi lines yang nggak terlupa dari Mr.Sunshine.


Pemeran

Mr.Sunshine nggak cuma tayang di TV Korea tvN tapi juga internationally broadcasted by Netflix, maka nggak heran dong kalo pemeran utama pria-nya adalah aktor kawakan yang udah wira-wiri di film-film Hollywood macam G.I. Joe: Retaliation, Terminator Genisys, The Magnificent Seven, dll. yaitu pakde Lee Byung Hun. Nggak ragu lagi, Lee Byung Hun ini aktingnya luar biasa lewat ekspresi mata aja emosinya udah bicara dan of course, he speaks English well. Sempet ada gosip yang beredar kalau buat maen drama ini, pakde dibayar dua miliar rupiah per episode dan total ada 24 episode. Tinggal kalikan aja jumlah bayarannya, wahai sobat misqin~ Drama kelar, bisa tuh Pakde nyalon Bupati Magelang. But...wait apakah kalian memahami kalau dua tahun lagi, Pakde Byung Hun berusia 50 tahun? Benar-benar sosok sugar daddy laah yaa hahahaha.

drama recommended 2018
Lee Byung Hun sebagai Eugene Choi (sumber gambar).
Sementara pemeran utama wanita yang jadi lawan main Pakde adalah Kim Tae Ri. Kalo saya baca sih, Mbak Tae Ri emang belum banyak main drama atau film, tapi doi sempet menang penghargaan Best New Actress di Blue Dragon Film Awards 2016 dan Busan Film Critics Awards 2016, juga meraih Best Newcomer di Asian Film Awards 2017 berkat perannya di film The Handmaiden. Dalam sebuah wawancara, Lee Byung Hun menyebutkan kalau ia terpesona sama aktingnya Kim Tae Ri. Menurutku sih, beda usia 20 tahun nggak jadi halangan buat Kim Tae Ri, si Mbak ini tetep berhasil mengimbangi Pakde dengan apik. Btw, banyak netizen yg gak setuju dg selisih usia 20 tahun antara Byung Hun dan Tae Ri, tapi saya adalah golongan netizen yang...yaudahlah, namanya juga drama. Dilihat aja sebagai karakter Eugene dan Ae Shin.

Dua cowok lain di drama ini adalah Yoo Yeon Seok sebagai Go Dong Mae dan Byun Yoo Han sebagai Hee Sung. Saya belum pernah lihat dramanya Om Yeon Seok sih, tapi saya suka dengan tampilan karakter Dong Mae yang dimainkannya, hairstyle dan kumisnya, naneun jhoa! Dong Mae banyak kebagian peran dengan dialog Japanese di drama. Sementara Mas Yo Han adalah yang bikin saya jatuh cinta lewat perang Lee Bang Ji di Six Flying Dragons, yang kalo kata seorang blogger sih: "duduk-duduk di pojokan aja doi keren" hahaha. Kalau pada era awal Joseon dalam Six Flying Dragons si Mas Yo Han jadi pendekar pedang, maka pada era akhir Joseon dalam drama ini dia bereinkarnasi jadi playboy yang bapak dan kakeknya suka kejam sama orang. Meski hubungan Eugene, Dong Mae, dan Hee Sung ini ngeri-ngeri sedap, tapi bromance diantara ketiganya pasti bakal dinanti kok.

gun, glory, sad ending
Byun Yo Han sebagai Kim Hee Sung, OMG he's so damn hot!! (sumber gambar)

Kim Min Jung sebagai Kudo Hina dan Yoo Yeon Seok sebagai Go Dong Mae (sumber gambar).
Ada satu lagi mbak-mbak bernama Kudo Hina yang diperankan oleh Kim Min Jung. Disini, dia menjadi pemilik Glory Hotel, warisan mendiang suami yang berkewarganegaraan Jepang. Kudo Hina adalah sahabatnya Dong Mae, tapi yaa gitu...sahabat yg peluk-peluk. Hmmm... persahabatan emang kadang membingungkan. Di sisi lain dia juga ngefans sama Eugene. Dia banyak berperan menghubungkan keempat aktor yang saya sebutkan sebelumnya.

Selain empat orang karakter-karakter itu, ibu Kim Eun Suk dan sutradara juga menghadirkan wajah-wajah yang sudah pernah bekerjasama dengan mereka di drama-drama sebelumnya yang bakal tampil mengerikan atau juga menghibur. Jangan lupa, Sersan Seo (Jin Goo) dan Letnan Yoon (Kim Ji Won) dari Descendants of The Sun bakal juga jadi cameo sebagai orangtuanya Go Ae Shin di Mr.Sunhine. Dua manusia itu sudah muncul di episode pertama.

Kim Ji Won dan Jin Goo, jadi cameo di episode perdana Mr.Sunshine (sumber gambar).


Sinematografi

Satu kata buat tim sinematografi Mr.Sunshine: DAEBAK!! Kayak sinematografi berperan penting untuk menciptakan suasana jadul dari Joseon, dan they did it well. Kuliatin deh foto before-after-nya drama ini, dari proses pembuatannya dan yang tertampang di drama. Bener-bener deh, bikin nonton drama serasa nonton film hahaha. Yha gimana nggak gitu kalo budget produksinya aja hampir empat ratus miliar, hampir setara kekayaannya Pak Sandiaga Uno dan dipake cuma buat bikin satu drama doang. Wajib dong hukumnya drama ini memukau. Semoga di acara penghargaan-penghargaan insan kreatif nanti, mereka bisa menang buat kategori ini. Atau mungkin dramanya sekalian dapat daesang hahaha.

Before-After CGI (sumber gambar)

Before-After CGI (sumber gambar).

Gimana? Cantik kaan?? Hiks :" (sumber gambar).

(sumber gambar)


Soundtrack

Saya baru nonton delapan episode Mr.Sunshine, dan sudah ada enamsoundtrack yang dihadirkan, namun yang paling memukai saya adalah suara Park Hyo Shin Oppa membawakan lagu The Day dan Elaine dengan lagu Sad March-nya. Coba temukan lagi, soundtrack apa lagi yang menarik dari drama ini :D


Akhir pekan ini, Mr.Sunshine bakal memasuki episode 11-12 yang artinya udah setengah jalan. Saya nggak mau menebak-nebak jalan ceritanya sih, just let it be. Tapi semoga gak ada yang mati terus hidup lagi kayak DoTS, itu terlalu maksa haha. Rating drama ini juga menjanjikan sih, udah ngalahin Why Secretary Kim yang rating tertingginya 8,665% sementara Mr.Sunshine sejauh ini rating tertingginya 13,534%, selisih hampir 5%.
So, if you love watching K-Drama or simply want something good to entertain you, watch this drama! I promise you’ll never regret :D
Atau minimal nonton trailernya dulu deh, trailer yang berhasil meraih satu juta penonton di minggu pertama rilisnya.
Klik sini kalau mau liat trailernya!

You May Also Like

5 comments

  1. aku baru nonton 2 episode ini drama. bingung mau nonton drama yang mana kemarin itu jadinya nggak ada yang fokus. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fokus nonton Mr. Sunshine aja, Kak hehehe. Insyaallah menghibur :D

      Delete
  2. Eh kok bagus ya Mba sepertinya (bukan sepertinya pasti) hehe...betewe saya pun suka dengan drama yang latarnya era-era masa lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...ternyata ada yang sama-sama suka drama sejarah juga :D
      Coba nonton ini, Mbak. Semoga cocok dengan selera Mbak Ajeng yaa heheh.

      Delete
  3. Haii guys…
    Bagi kalian nihh pecinta drama korea ayooo download aplikasi MY DRAKOR di play store kalian,aplikasi ini bagus banget bisa menghilangkan kejenuhan kita,nonton drama korea nya juga bisa offline lohh,pokoknya kalau udah nonton drama korea pake my drakor suka lupa waktu dehh.ayoo buruan download sekarang juga guys,kalau gak download bakal nyesel beneran dehh..!
    Ini ada satu lagi guys aplikasi buat kalian yang suka nonton film bioskop download aja aplikasi inflixer gak perlu ribet ke bioskop,filmnya juga banyak banget mantapppp dehhhh….!!!

    ReplyDelete