Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

by - September 07, 2018

Halo, sudah berapa tahun cahaya saya nggak nulis blog? Ketiadaan materi membuat saya jarang nulis huhuhu, so sad. Kalau ada usulan ide boleh lho kasih tau saya haha. Pada malam yang dingin dan langitnya se-gloomy hatiku ini, saya akan memutuskan kebuntuan ide dengan menulis tentang Asian Games 2018 Stamps Series. Agak telat sih yaa, soalnya Asian Games udah selesai (dan kayaknya saya menang di cabang olahraga kangen beregu) tapi gak apa-apa tetep ditulis aja, biar ada jejak tentang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di blog. Sebenernya saya beli prangko ini udah lama, tapi ya karena saya terlalu sibuk mikirin kamu, jadi baru sempet nulis sekarang. Saya pertama tau ada prangko seri Asian Games 2018 dari IG-nya Pos Indonesia yang diunggah tanggal 19 Agustus 2018. Dari situ dijelaskan kalau Pos Indonesia merilis prangko edisi khusus Asian Games XVIII yang cuma dicetak terbatas (2.000 set) dan nggak akan dicetak ulang. Saya langsung bertekad untuk membelinya hahaha.
Artikel Terkait: 
Serunya Berbagi Kartu Pos Lewat Proyek Postcrossing


Dimana beli prangkonya?

Nggak semua kantor pos menyediakan prangko bervariasi, tapi petugas di Kantor Pos Bulaksumur pernah merekomendasikan bahwa kalau pengen milih prangko yang lebih beragam datang saja ke Kantor Pos Besar Yogyakarta. Maka demi membeli prangko spesial ini, saya dateng ke Kantor Pos Besar Yogyakarta yang terletak di Nol Kilometer. Hari itu, pertamanya saya ke Kantor Pos Besar dan dibuat gumun karena disini ada bagian khusus buat filateli yang menyediakan beragam prangko dan kartu pos. Kayaknya tempat ini adalah pusat kebahagiaan bagi postcrosser, filatelis, atau bahkan penggemar snail mail di Jogja. Saya bahkan ketemu mbak-mbak yang juga beli perangko Asian Games buat koleksi dan ngobrol sok asyiklah kami disitu haha.


Saya dikasih tau kalau ada dua macam prangko seri Asian Games 2018. Pertama, prangko yang gambarnya cabang-cabang olahraga yang dilombakan. Kedua, prangko yang saya beli. Saya pilih beli ini karena menurut saya lebih unyu heheh. Satu lembar prangko harganya Rp3.000,- dan yaudah saya beli satu set (berisi 21 prangko) sekalian karena saya bakal perlu agak banyak.


Tentang Prangko Seri Asian Games 2018

Saya bakal saya bahas tentu saja adalah prangko yang saya punya, yang seri satunya lagi belum kumiliki, persis kayak kamu mz. Ada tiga desain dalam satu set. Akan saya jelaskan satu persatu berdasar pengetahuanku yang terbatas dan cocoklogi pribadi. Soalnya Pos Indonesia juga gak jelasin rincian desainnya sih huhu. Semoga lain kali kalau Pos Indonesia rilis prangko, informasi yang disertakan kayak desainernya dan cerita dibaliknya makin detail yaak, bisa jadi masukan lho ini buat tim humasnya Pos Indonesia.

Prangko pertama.

Prangko kedua.

Prangko ketiga.
Oke, yang pertama dengan warna dasar putih, ada bentuk-bentuk manusia yang sedang memperagakan empat cabang olahraga: lari, badminton, sepak takraw, dan renang. Kedua, bergambar landmark Indonesia, khususnya Jakarta dan Palembang sebagai kota tuan rumah Asian Games 2018 yaitu ada Stadion Utama Gelora Bung Karno, Monumen Selamat Datang Bundaran HI, Patung Dirgantara Pancoran, Jembatan Ampera, gunung-gunung, motif batik Mega Mendung, dan gambar atlet renang, sepeda, satunya yang bawah itu atlet apa ya? Lari kah? Ketiga sekaligus terakhir adalah gambar seorang atlet yang udah memenangkan pertandingan dan pakai medali emas. Atletnya kayak lagi lompat bahagia, mungkin sambil nyanyi "Yo yo ayo, yo ayo yo yo ayo!!" hehehe. Tapi aku gak tau itu ceritanya atlet dari cabang olahraga apa, kalau teman saya Afnan sih curiga beliau ini dari cabang mbribik estafet, panjat sosial, lempar kenangan, atau silat lidah (oposih Afnaan~). Kalau menurut kalian, yang ketiga dari cabang apa hayo?

Kartu pos dengan prangko Asian Games 2018.
Coba tebak mau kukirim kemanakah mereka?
Saya beli prangko-prangko itu untuk dikirim ke suatu negara bersama kartu pos. Nanti kalau sudah sampai tujuan, bakal saya tulis lagi ceritanya di blog wis. Sebenernya keberadaan prangko Asian Games 2018 bisa jadi nggak terlalu signifikan, tapi unik aja dan buat old-fashioned people kayak saya yaa pasti bikin sedikit hepi hehe. Apalagi kalau misal postcrosser atau penggemar snail mail dari negara lain, pasti bahagia kalau dapet prangko edisi khusus kayak gini. So, terima kasih Pos Indonesia telah merilis prangko-prangko unyu ini :D


Asian Games 2018

Dibuka dengan Opening Ceremony yang sungguh-sungguh spektakuler! Nggak ngerti lagi kudu gimana mengungkapkannya. DAEBAK!! Adegan presiden masuk arena pembukaan dengan motor, yaa sejak nonton udah pahamlah itu stuntman, yakali presiden suruh latihan motor everyday hambok genahe wae :(( Tata panggung, tari-tarian, penyanyi...super semua dan Indonesia banget. Lagu Indonesia Raya yang dinyanyiin acapela dan GAC nyanyi Ampar-Ampar Pisang, sukaaaa. Saya ingin merekomendasikan semua manusia di dunia ini buat nonton itu, semoga terhibur. Saya yang nonton dari rumah aja ngerasa bahagia banget dan yakin acara itu bakal terkenang, apalagi mereka-mereka yang terlibat langsung, pasti bakal jadi kenangan indah sepanjang hayat :)

Lalu mari bersama ucapkan alhamdulillah wa syukurillah, Indonesia berhasil meraih posisi keempat di perhelatan Asian Games 2018 kali ini. Selamat dan terima kasih untuk semua atlet yang telah bertanding kemarin. Jujur saja ya, saya nggak banyak nontonin pertandingannya, cuma beberapa kali nonton badminton. Saya bahkan lebih banyak nontonin pertandingan di Rio Olympics 2016 kemarin daripada Asian Games 2018 ini hiks. Mungkin karena dulu masih selo banget sambil nunggu sidang, sekarang kalo siang kerja, pulangnya udah mager ngapa-ngapain hmm. Eh tapi saya tetap memantau perkembangan Asian Games 2018 lewat linimasa Instagram dan Twitter kok hehe. Makanya di penghujung Asian Games 2018, saya nemu ucapan yang sungguh bagus ini. Klik disini ya kalau mau baca. Selamat juga untuk atlet-atlet dari negara lain yang berhasil menang, terutama buat beliau-beliau yang nggak jadi wamil ciye ciye, bungah banget mesti njenengan mz hahaha.

Beliau yang tak jadi wamil dan siap menghias layar kaca dengan senyum cerianya. (pic source)

Closing ceremony juga nggak kalah kece, lighting-nya luarrr biyasaaaak. Sempet takjub dengan jas hujan transparan yang dipakai para atlet dan relawan aku tuh. Terima kasih Pak Wishnutama cs, dari closing ceremony ini aku jadi tau bahwa ada lagu easy listening yang judulnya Love Scenario, hari Seninku jadi semangat sambil nyanyi-nyanyi "sarangeul haetta uriga mana" hahaha. Terima kasih juga telah menghadirkan Kuch Kuch Hota Hai, Koi Mil Gaya, dan Jai Ho di tengah semua ini. Untuk Mbak BCL dan Mas JFlow juga Mbak Dira Sugandi, Anda keren! Paling makasih telah mengundang volunteer ke upacara penutupannya. Saya punya teman yang jadi volunteer di Asian Games 2018, she must be so happy and I'm so happy for you too. Btw, buat yang kemarin heboh "rahim anget" pas Jonatan buka baju, FYI aja temen saya itu jadi volunteer di cabor aquatic, so...abs are in daily basis tapi doi ya biyasa wae tuh wkwk. Sampai jumpa di ajang Asian Games 2022, semoga tahun itu Indonesia bisa makin baik prestasinya ya! :D


Magelang | 07 September 2018 23.35 WIB
Mohon maaf tulisan ini agak gak jelas dan banyak omong kosyong :')

You May Also Like

1 comments

  1. taruhan bola online Terpercaya Sportsbook !
    Menyediakan Pasaran Sbobet - Maxbet - Cbet Terlengkap
    Bonus New Member 10% / Bonus Cashback 5% - 10%
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete