Minimalist Lifestyle?

by - September 20, 2022

Suatu pagi, saya duduk bersama suami di meja makan, menikmati secangkir kopi (saya tentu saja minum teh panas), ubi rebus bikinan Ibuk saya, bakwan jagung bikinan saya sendiri, dan beberapa item jajan pasar. Saya nggak suka ubi rebus, tapi suami terlihat sangat menikmati makanan dari mertuanya itu. Itulah moment ketika saya melihat sekeliling dan menyadari, betapa nikmatnya sehat dan mensyukuri apapun yang ada saat ini. Saya teringat, beberapa hari sebelumnya saya terlibat pembicaraan dengan teman kantor tentang Minimal Life, Minimalist Life or something like that. Gak yakin istilah benernya apa tapi tiba-tiba percakapan itu terlintas di kepala. Renungan pagi itu jadi pemantik buat nulis di blog lagi.

Saya dan suami tinggal berdua di sebuah di kontrakan kecil. Sebagai 'nganten anyar', barang-barang di rumah kami tidak banyak. Tapi alhamdulillah semua barang dasar yang kami perlukan ada. Saya bahkan hanya memiliki enam piring di kontrakan dan itu sudah cukup bagi kami yang tinggal berdua. Saya kemudian berpikir: Oh, ternyata hidup dengan barang segini aja udah cukup. Well, sebenernya saya punya empat piring lagi, yaitu piring berdesain bunga-bunga floral hadiah dari Hani yang begitu paham selera saya. Tapi saking cantiknya piring itu, jadi bingung mau dipake makan apa. Terlalu aestetik untuk sekadar naruh nasi, sayur kacang, dan telur dadar hehehe. Jadi piring cantik ini masih tersimpan rapi di box.

Alat dapur kami sejauh ini cukup, saya pribadi masih ingin beli beberapa item tapi masih mikir banget buat menentukan yang mana. Soalnya saya (dan akan saya bujuk juga suami saya) ingin benar-benar mempertimbangkan dengan matang setiap perabot rumah tangga yang akan kami beli. Ini berdasar pengalaman dan melihat kehidupan orang di sekeliling kalau rata-rata benda rumah tangga itu bakal dipake dalam jangka waktu yang lama. Selain itu juga mempertimbangkan space buat naruh dan nyimpennya. Apalagi kami belum punya rumah sendiri jadi belum benar-benar ada di bayangan tentang tata letak rumah. Tapi so far, kami sudah menentukan tone warna dari beberapa perabotan hehe. Kalau mau beli sesuatu selain mikir naruhnya, keawetannya, juga mikir cara bersihinnya. Berhubung saya dan suami sama-sama bekerja dan saat ini berada dalam Long Distance Marriage, jadi yang sehari-hari ada di rumah adalah saya. Beberes rumah before and after work tuh bener-bener melelahkan bagi saya. Memang sih, kalo pas di rumah suami selalu terlibat dalam pekerjaan rumah tangga. Tapi, kalo bisa pilih perabot rumah tangga yang mudah dibersihkan, why not? Hehehe. Waktu yang dipakai buat bersih-bersih yang harusnya gak perlu, bisa buat quality time kaum LDM hehe.

rekomendasi camping sunrise waduk sermo

Pagi itu saya juga jadi teringat bahwa saya sering berdebat dengan Ibuk tiap kali kami beres-beres rumah bersama. Saya merasa barang-barang di rumah Ibuk sangat banyak, padahal menurut saya mayoritas barang sudah tidak pernah dipakai, sehingga menurut saya sebaiknya dibuang saja atau kalau masih bagus ya dikasih ke orang lain. Tapi, Ibuk sering merasa terlalu sayang mengeluarkan barang-barang itu dari rumah. Jadi, kalau kami berdua beres-beres bareng, saya merasa tidak benar-benar declutter.

Belakangan setelah menikah dan tinggal terpisah dengan orang tua, saya sering "pamer" kepada Ibuk bahwa hidup dengan barang sedikit nyatanya bisa aja. Kemudian Ibu membalas, "Nek ono acara po ono tamu akeh arep piye le nyuguh nek piring e mung semono?". Tentu saja saya jawab, "Ngampil nggon Ibuk laaah." HEHEHEHE. Meskipun piring terbatas, tapi di kontrakan kami banyak cangkir-cangkir hadiah nikahan yang bisa dipakai untuk menjamu tamu kok, hehe.

Pas mau nulis ini (tepatnya sebelum sampai ke paragraf ini) saya jadi sedikit  kepo tentang Minimalist Lifestyle atau Minimalism (ternyata itu nama resminya yang dimaksud temen karja saya di paragraf atas tadi hehe). Karena cuma kepo dan nggak riset maka saya bakal ambil definisi teratas dari pencarian Google yang kurang lebih kayak gini.

Saya juga sempet nontonin beberapa video tentang Minimalism baik dari dalam maupun luar negeri, baik yang Asian maupun Western. Salah satu video yang menarik adalah video di channelnya Mbak Grace Shinta ini. (Disclaimer: saya gak tau mbaknya ini siapa termasuk sepak terjangnya di dunia per-sosmed-an, but her video enlighten me what Minimalist Lifestyle is). Lalu saya mikir: tanpa sadar sepertinya saya telah menjalani gaya hidup itu meski saya juga gak mau self-proclaimed as minimalist.


BACKPACK

Pas Mbak Grace bilang dia udah gak beli backpack lagi. Saya jadi inget kalau backpack yang saya punya saat ini cuma satu dan saya udah pake tas ini selama SEBELAS TAHUN!! Iya, saya beli tas ini sejak SMA. Tas yang dibilang "buluk" sama suami ini emang udah pudar warnanya karena dulu sempet dipake nglaju Magelang-Jogja in almost everyday. Saya juga sebenernya udah jarang pake backpack sejak 2019, tapi akhir-akhir ini saya harus bawa laptop maka jadilah sehari-hari saya pake backpack lagi. Meski warnanya udah gak aestetik, tapi tas bermerek Planet Ocean ini bener-bener masih bagus dan masih kuat, ukurannya juga pas buat badan saya. Kalo kalian penasaran, wujud tasnya bisa deh kalian klik di sini. FYI, tas ini bahkan muat dimasuki laptop kekinian punya suami yang ukurannya agak panjang. Dipake juga nyaman banget, bantalan punggung dan tali utama tasnya tuh empuk banget. I REALLY don't feel the urge to jajan tas. Selain karena yang ada masih bisa banget dipake, beli tas baru juga berarti harus "riset" model dan harga yang cocok which is perlu teliti banget, PLUS nambah space buat nyimpennya. Aduuuh, saya gak sempat mikirin tempat buat nyimpen backpack, kalo gak keurus juga rawan kotor hehehe. Saya belum beli backpack lagi bukan karena nerapin minimalist lifestyle sih, simply karena yang ada udah cukup buat saya. Semoga suami saya tetap gemati meskipun istrinya setia pakai Planet Ocean, meanwhile temen-temannya dia pake Coach wkwkwk. Kalau suatu saat saya tergerak hatinya untuk jajan backpack, jangan khawatir Pak, sebagai suami, Anda akan jadi orang pertama yang saya bisikin hehehe.


PAKAIAN

Terus Mbak Grace bilang kalo dia beli baju yang warna-warna netral biar timeless. Nah, to be honest, baju saya dikit dan kebanyakan udah saya pakai dari jaman kuliah. Warnanya, either black, navy, atau warna cetar membahana hehehe. Saya merasa tergolong jarang jajan pakaian maupun jilbab. Kalaupun beli juga bisa dibilang jarang banget ngikutin model pakaian yang lagi trend, lebih ke ngikutin style aku aja. So, bisa dibilang yaa baju saya gitu-gitu aja. Bukan berarti saya gak pernah beli baju ya, cuma yaaa itu...kalo beli kudu udah bener-bener suka sama model dan size-nya, kalau enggak yaa mending jahitin biar sesuai apa yang dimau. Oh iya, soal size ini, sebagai pecinta baju yang pas badan (kayak baju-bajunya Mbakyu Kate Middleton) nyari baju yang ukuran kecil tuh agak susah huhu, karena kebanyakan sekarang baju atau dress tuh dibikin all size dengan ukuran lingkar dada rata-rata 110 cm, yaa maaf...size LD mini kayak saya cannot relate :")

foto-foto di kota lama semarang


MAKE-UP & SKINCARE

Di video itu, Mbak Grace juga bilang dia ngurangin jajan makeup yang nggak perlu. Saya pake eye makeup hampir setiap hari. Kecuali alis ya, saya malah jarang banget ngalis, apa yang ada aja lah udah hehe. Kepuasan pribadi aja bisa dandanin mata. Tapi, alat makeup yang saya punya tidak banyak karena perkara makeup ini saya udah punya 'pakem' tersendiri. Eyeliner, eyeshadow, maskara, lipstick, dan bedak udah punya andalan tersendiri yang udah saya pakai bertahun-tahun, jadi kalopun habis yaa tinggal beli yang serupa. Jarang banget explore makeup. Untuk lisptick bahkan saya cuma punya empat warna dari merek yang sama yang udah repurchase berkali-kali always in the same color, same brand. Karena udah punya pakem makeup set itu saya juga jadi jarang tergoda diskonan makeup, kalau abis yaa tetep beli, ada diskon alhamdulillah gak ada diskon yaudah wkwkwk.

Begitu juga pernak pernik makeup kayak kuas, penjepit bulu mata, cermin juga udah saya pakai bertahun-tahun. Kuas andalan saya ada tiga dan semuanya dari Tammia yang udah saya beli sejak tahun 2017an. Tammia adalah produk yang masih affordable buat saya saat itu,  gak semahal Real Techniques atau Sigma tapi cukuplah buat saya pakai sehari-hari. Penjepit bulu mata saya beli seharga tujuh ribu dan surprisingly awet banget. Tapi tentu saja saya sering-sering ganti karetnya kalau kotor. Saya ngelakuin ini juga bukan karena berprinsip minimal life cuma karena produk-produk yang saya pakai itu udah melalui masa uji coba years before sampai nemu produk yang saya rasa paling pas dari segi hasil dan harganya. Punya makeup sesuai "pakem" juga membuat saya terhindar dari rasa bersalah karena membuang makeup yang kedaluarsa padahal baru dipake beberapa kali. Bukan berarti saya sama sekali gak punya extra makeup kok, ada foundation, pomade alis, pensil alis, blush on, dan apasih yang buat contour itu yang cuma saya pakai kalo lagi mood macak heboh. Itupun sejak pandemi udah jarang juga macak heboh. Skincare juga gitu, alhamdulillah udah nemu yang saya rasa cocok jadi tinggal repurchase aja. Apalagi kulitku sensitif banget jadi paling mikir dan riset banget kalau mau beli produk skincare baru. Soalnya sekali apply gak cocok, benerin mukanya yang bener-bener butuh waktu huhuhu.

Wih, panjang juga ya tulisan kali ini. Berawal dari makan bakwan jagung dan ngeliatin suami lahap makan ubi jadi overthinking kemana-mana selama beberapa hari dan akhirnya tertuang dalam tulisan wkwkwk. Lega banget kalau sudah bisa nulis gini tuh, kayak apa yang bertebaran di pikiran berhasil "dirapiin". Jadi nyadar bahwa tanpa sadar udah ngelakuin beberapa hal terkait minimalist lifestyle, meski sekali lagi saya tekankan saya belum pengen self-proclaimed as minimalist hehe. Setelah nontonin aneka Youtube tentang minimalism emang kayaknya menarik sih yaa apa yang mereka praktikan. Tapi kedepannya, yaa kita lihat saja nanti. Apakah saya bisa praktik hidup minimalis atau malah terjebak hedon koleksi backpack aneka merek hahaha. Oiya, maaf yaa kalau foto yang terunggah gak nyambung sama apa yang saya tulis wkwkw.

You May Also Like

0 comments