Baju Lamaran: A Self-Appreciation Post

by - December 15, 2022

Tidak terasa satu tahun sudah berlalu sejak kami punya gawe lamaran. Udah pengen banget nulis tentang baju lamaran dari lama. Bahkan udah mulai bikin tulisan ini sejak Oktober 2022 tapi baru bisa 'diterbitkan' hari ini.

Bulan Oktober-November tahun lalu adalah hari-hari yang sibuk bagi saya karena saat itu saya punya mega proyek: masang payet di dress. Jadi tiap abis pulang kerja, dan abis belajar buat tes, nyempetin masang payet sedikit demi sedikit. Suatu kepuasan tersendiri bagi saya yang pecinta DIY-thingy ketika berhasil memasang payet pada dress yang kemudian saya pakai untuk lamaran pada bulan Desember 2021. Dress warna tosca  yang fotonya ada di bawah ini sengaja saya desain dengan potongan sangat biasa dan sederhana karena saya akan menambahkan payet untuk membuatnya menjadi lebih gayeng hehehe. So, postingan ini sekaligus sebagai appreciation post bagi diri saya sendiri yang telah berminggu-minggu mengerahkan kreativitas, kesabaran, dan kehati-hatian untuk memasang payet wkwkwk. Well, puas banget sama hasil jahitan dan hasil saya masang payet di baju lamaran. Saya jadi paham kenapa baju berpayet mahal, karena masangnya sak gawean dewe bestie!

tips memasang payet di gaun lamaran
Picture was taken by @diph.otoin (IG)

Sebenernya kain lace warna tosca ini udah saya punya sejak zaman kuliah, entah tahun berapa tepatnya. Waktu itu ibu saya randomly beliin kain dan saya jatuh cinta sama warnanya yang menurut saya gak pasaran, teksturnya pun lembut, bener-bener 'jatuh' gitu bahannya. Maka saat itu saya putuskan, "kain ini bakal jadi baju lamaranku", sungguh tekad yang visioner meski waktu itu saya punya pacar aja belom LoL. Bertahun berlalu sejak saya bikin keputusan berharga itu, saya berhasil membujuk rayu konco kenthel saya agar melamar saya. Karena fokusnya emang mau cerita baju jadi gak usah panjang lebar cerita love story-nya ya hehehe. Intinya alhamdulillah wa syukurillah dia pun setuju buat lamaran pake baju berwarna tosca. So, kami tinggal cari perpaduan kain yang agak matching dengan warna baju saya untuk si calon bojo.

Nah, yang jadi cerita lagi adalah: berhubung kain lace itu transparan, saya butuh kain dong buat ngelapisin bagian dalamnya. Perjuangan nyari kain yang senada sama warna lace-nya ini susaaaah banget. Keluar masuk berbagai toko kain di Jalan Solo, Jogja buat dapetin warna dan tekstur kain yang sesuai bayangan. Setelah capek jalan kaki sana sani...end up beli kainnya balik lagi ke toko yang dikunjungi pertama kali HAHAHAHA. Untung calon bojoku sabar gaes hehehe. Kain buat kemeja doi juga akhirnya kami dapatkan di toko yang sama. Belakangan saya baru tahu ternyata toko itu emang lumayan famous dan disukai banyak orang hehehe. Hayo tebak, apa nama tokonya~

Abis beli kain, mumpung masih di Jogja sekalian jajan payet di Narwastu. Sebagai penggemar hand-embroidery, jahit-menjahit, dan aneka DIY-thingy surga bangetlah Narwastu ini. Saya pikir, Mas Calon Bojo bakal bosen nungguin saya ke Narwastu...eh, ternyata dia juga ikutan asyik milih benda-benda buat dia bikin aneka DIY heheh sehati bangetlah ini konsepnya 😆

tips memasang payet

Sekitar dua bulanan masang payet dengan konsep: digarap saknyandake, akhirnya selesai juga. Sempet kepikiran menambah kehebohan baju tosca-gold ini dengan cape dari kain tulle di belakang, biar krembyah-krembyah gitu. Tapiii...gak nemu-nemu tulle yang warnanya senada. Udah cari ke toko maupun belanja online tetep gak dapet. Jadi yaudah, gini aja udah cukup. Cari kerudung senada juga susah, keluar masuk toko hijab nggak dapet akhirnya pinjem punya temen-temen lalu saya lakukan "seleksi" untuk memilih yang warna dan jenis kainnya paling masuk. Terpilihlah kerudung punya Ismi ini. Thank you, Ismi yang telah berkontribusi melengkapi OOTD lamaranku. Jadi baju lamaran ini tanpa sengaja mengusung pedoman: something new, something borrowed, and something blue (refer to the blue ring on my left hand, cincin pribadi bukan cincin lamaran).

gaun lamaran tosca

Tak ketinggalan baju lamaran yang dipakai suami juga saya juga menurut bagus banget cutting-nya, bisa pas banget di badan doi yang setahun lalu masih agak kurus. Kemeja apik itu tak lain adalah hasil jahitan Pak Kholiq, pakde saya, sekaligus Bapaknya teman kami. Luv Pak Kholiq banyak-banyak laah wkwkwk. Kalo diperhatikan jenis kainnya yang macam songket gitu, jarang-jarang yaa dipake buat atasan baju pria. Tapi nggakpapa lah yaa, antimainstream. Mbak penjaga toko kainnya sempet bilang "kalo masnya berani buat pakainya gak masalah sih, Mbak." Alhamdulillah Mz-nya pede-pede aja karena kuyakin dia tau apapun yang dipake bakal tetep terlihat ngguanteng di mata saya wokwokwowokwok 😁

Sedikit cerita pelengkap OOTD lamaran: Untuk make-up pun saya memilih macak dewe, hanya mempraktikkan my daily make-up dengan konsep: "waton orek-orek sing penting bahagia" hehehe. 

nurullatif21 blog

Demikianlah, appreciation post tentang klambi lamaran yang saya pakai setahun lalu. Memang masih jauh kalau dibanding karyanya Elie Saab ya, Bund. Tapi sungguh suatu kepuasan bagi saya bisa 'menghias' baju lamaran dengan tangan saya sendiri. Showing my uniqueness and giving personal touch on my special day, sekaligus pencapaian pertama kalinya membuat hand-embroidery jenis baru yang kalau biasanya pake benang sulam, kali ini mainnya pake teknik "beads embroidery". 💖💖💖


Well, see you on my next post! 👋

PS. All the pic was taken by our best friend, our cousin, and Pak Kholiq's son:
find him on IG @diph.otoin

You May Also Like

0 comments