Mata Najwa on Stage (Metro TV on Campus UGM)

by - May 04, 2014


Kalian tahu Najwa Shihab kan? Jurnalis pinter lagi cantik yang punya acara talkshow berjudul Mata Najwa? Tahu kan? Tahu dong? Ada apa dengan Najwa? Begini ceritanya. Waktu aku masih awal-awal masuk kuliah, aku denger berita kalo Najwa bakal bikin talkshow live di Kampus UNS, Free! Aaak, mau banget waktu itu. Tapi berhubung aku tahunya itu cuma buat mahasiswa UNS dan UNS itu lumayan jauh dari Jogja, aku cuma bisa denger cerita dari temen-temen SMA yang dateng ke acara itu, sama lihat tayangan ulangnya di video dari Harry. #akurapopo

Nah, kemaren-kemaren ini aku denger kabar kalo Mata Najwa bakal bikin acara serupa kayak yang pernah dibikin di UNS tapi...di UGM. Denger beritanya aku langsung antusias. Tapi, aku nggak terlalu memperhatikan bakal kapan acaranya, gimana daftarnya, dimana tempatnya, dan bla bla bla. Sampai pada suatu pagi, aku iseng kepo akun twitter-nya @MataNajwa dan lihat twit tentang Mata Najwa on Stage yang bakalan digelar di Kampus UGM. Aku cuma retwit beritanya. Beberapa hari setelah itu, pas lagi lembur di kampus buat ngerjain tugas Manajemen Aset yang buanyak banget itu (yang tentu saja dikerjakan sambil twitter-an) aku melihat informasi kalo pendaftaran Mata Najwa on Stage sudah dibuka. Ternyata cara pendaftarannya kita harus kirim email kemudian nanti nunggu konfirmasi bakal dapet tiket atau nggak. Langsung deh, aku barengan sama Ucup dan Nurul Azizah mendaftarkan diri malam itu juga XD



Harap-harap cemas menunggu konfirmasi dari pihak panitia, akhirnya Ucup memberi kabar kalau kami termasuk dalam 6000 orang yang beruntung mendapatkan tiket Mata Najwa on Stage!!! Alhamdulillah, bahagianyaaa :D Kayak gini nih bentuk print-screen konfirmasi email-nya. Print-screen ini harus dicetak dan dibawa bersama kartu identitas ketika hendak menukarkan dengan tiket.


Ketika tiket Mata Najwa sudah di depan mata Nurul hahah

Oh iya, FYI kawan. Metro TV on Campus ini terdiri atas tiga rangkaian acara (seluruhnya FREE) yang dilaksanakan mulai dari tanggal 23-25 April 2014. Hari pertama acaranya adalah Open Mic, yaitu lomba Stand Up Comedy. Aku sempet nonton sebentar. Waktu itu kebetulan aku lagi ambil tiket yang lokasinya adalah di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri, UGM, tempat dimana Open Mic diselenggarakan. Setelah ambil tiket dan tentu saja foto-foto sebentar, kami menyempatkan buat nonton. Hahaha lumayan bikin ngakak. Kreatif-kreatif banget itu pesertanya. Hari kedua adalah Pelatihan Jurnalistik, sebenernya aku daftar ini juga. Sayangnya, email itu nggak kekirim dan masih di-draft jadi kami gagal ikut. Sedih siih, tapi nggak apa-apa deh kan masih punya tiket buat acara terakhir; Mata Najwa on Stage.

25 April 2014

Open gate buat acara Mata Najwa on Stage itu jam 11.30, ketika aku sama Nurul Azizah dateng jam 12 itu teras Gedung Grha Sabha Pramana udah penuh banget oleh manusia. Panas pula~ duh duh duh. Beruntung, barisan terdepan manusia yang antre tiket adalah adekadek tingkat kami heheh. Langsung deh, sambil antre di belakang kami hubungi mereka buat kalau bisa mencarikan dua seat untuk kami. Mereka menyanggupi heheh. Open gate agak molor, mungkin setengah satu baru dibuka dan kami berhasil dapet seat nomor dua dari depan berkat bantuan adek-adek tingkat kami. Aaaakk, makasih banget yaaa dek :D Rasa lelah, panas, dan bete itu ilang seketika ketika memasuki gedung GSP dan lihat panggung Mata Najwa. Ini ketiga kalinya aku masuh GSP, dan rasa merinding itu masih saja ada. Aura sakral-nya GSP :')


Crowded before open gate
 in front of Grha Sabha Pramana, UGM, Jogjakarta
Selfie duluuuuu sebelum acara dimulai wkwkwk
Sebelum acara inti dimulai, ada kegiatan flash mob bersama Kopiko 78, dan penjelasan produk dari pihak sponsor yaitu Kopiko 78 dan Bank CIMB Niaga. Ada juga penampilan dari Penta Boyz. Ada kalimat lucu yang dilontarkan MC ketika itu, "Jomblo nggak apa-apa yang penting bisa nonton Mata Najwa!" yang langsung menghebohkan GSP. Hahahah kemudian aku curiga, sepertinya yang nonton Mata Najwa ini emang jomblo semua hahaha XD

Acara dimulai sekitar pukul 15.00, Najwa Shihab muncul diiringi tepuk tangan meriah dari segenap hadirin. Yang aku maksud hadirin adalah tamu undangan, panitia, 6000 orang bertiket, dan puluhan atau mungkin ratusan yang tidak memiliki tiket yang diizinkan masuk selama kapasitas GSP mencukupi. Gaisss, Mbak Najwa ini aslinya lebih cuanteek daripada di tivi :3 Tepuk tangan semakin meriah ketika narasumber talkshow bertema "Dari Jogja untuk Bangsa" itu naik ke panggung. Mereka adalah; Sri Sultan Hamengku Buwono X, Mahfud MD, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Chairul Tanjung. Amazing! Orang hebat semua, dan aku ngefans berat sama Pak Mahfud :D

Gedung Grha Sabha Pramana sebelum acara dimulai.
a photo by Yulius Wimar, from 2nd floor GSP



Yang dibahas dalam talkshow tersebut lebih ke perjalanan mereka hingga dapat meraih kesuksesan seperti sekarang, tak lupa juga sedikit 'menyenggol' masalah politik. Terutama terkait pencalonan dua narasumber yaitu Pak Mahfud MD dan Pak Anies Baswedan sebagai Presiden RI periode 2014-2019. Di tengah-tengah acara, Mata Najwa membuat kejutan untuk penonton dengan hadirnya Sentilun alias Butet Kertarajasa dengan sentilannya yang khas. Sepanjang acara yang ada hanyalah terpukau dan terpukau. Hahah. Talkshow yang benar-benar mengisnpirasi. Bersyukur sekali bisa berada di acara tersebut :)

Ada beberapa kalimat yang sangat membekas dalam benakku ketika menyimak Talkshow "Dari Jogja untuk Bangsa" itu, diantaranya:

"...semua ini tidak ada apa-apanya tanpa doa Ibu."
_Ridwan Kamil

"...jangan mengukur apa yang dimiliki orang, tapi ukurlah seberapa banyak yang bisa kita berikan kepada orang lain."
_Chairul Tanjung

"...memilih jalan mendaki memang berat, tapi insyaallah itu akan mengantarkan ke puncak-puncak baru perjalanan kita."
_Anies Baswedan

Khas-nya Mata Najwa adalah selalu ada Catatan Najwa di akhir acara, bagi yang ingin membaca silakan klik Catatan Najwa dan monggo kalau mau menyaksikan video Mata Najwa on Stage (Kampus UGM)

Fasilitas yg didapat free dari Mata Najwa on Stage
ada seertifikat (blm ditulis namanya), notes, dan yg gak difoto ada snack.
Karena duduk di seat depan, dapet T-shirt dari Kopiko 78 juga, Thanks all!


Last, thanks Allah SWT telah memberikan kesehatan dan kesempatan, Alhamdulillah. Juga untuk Metro TV, Kru Mata Najwa, dan panitia yang ternyata adalah teman-teman se-fakultas, thanks teman-teman Komako (Korps Mahasiswa Komunikasi) dan Komap (Korps Mahasiswa Jurusan Politik Pemerintahan) Fisipol UGM. Great! :)


You May Also Like

7 comments

  1. Wah keren banget kak. Bisa nonton mata najwa on stage. Kasih tips nya kak biar bisa dpt tiket nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya beruntung, pas buka twitter eh pas ada pengumuman kalo pendaftaran Mata Najwa on Campus udah dibuka..langsung deh kirim email hehe
      Tipsnya mungkin pantengin TL-nya matanajwa aja kalo tau mau ada Mata Najwa on Campus hehe
      Semoga dapet tiket dan dapet seat depan yaa Hasna :))

      Delete
  2. ada kontak panitia gak mbak? soalnya saya ada rencana ngundang Najwa ke kampus saya. Kalau ada saya minta kontak panitianya

    ReplyDelete
  3. ada kontak panitia gak mbak? soalnya saya ada rencana ngundang Najwa ke kampus saya. Kalau ada saya minta kontak panitianya

    ReplyDelete
  4. Gimana ya cara mengundang mata najwa on kampus ya?kalau bisa saya minta kontaknya kirim via email ya espas25@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. ada kontak panitia gak mbak? soalnya saya ada rencana ngundang Najwa ke kampus saya. Kalau ada saya minta kontak panitianya.
    pliss send email 04171908@itk.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, mohon maaf aku nggak ada kontak panitia...
      Lagian, sepemahamanku itu dari Tim Mata Najwa-ya yang milih lokasi mitra lalu cari mahasiswa buat diajak kerja sama gitu, jadi bukan mahasiswa yang ngundang Mata Najwa. Kayakanya sih gitu. CMIIW.

      Delete