Merintis Media Sekolah

by - March 22, 2011

udah jam tujuh. Bel masuk udah bunyi dengan nyaringnya. Saya malah lari ke kantin. Makan di Bu Jum. Habis gimana, tadi nggak sempet sarapan. Tapi, saya bukan dalam rangka bolos. Bukan! Ini dalam rangka izin. Izin Olimpiade? Jelas bukan. Saya izin mau ikut Pelatihan Jurnalistik (weizz…namanya keren banget) bareng Presiden Redaksi Berita Smansa, Rista dan seorang adik kelas, Lamia. Acaranya di Kampus I Univ. Muhammadiyah Magelang (UMM). Nginep, man! Dari tanggal 12-13 Maret. Singkatnya, saya udah selesai makan. Kami ke markas dulu buat ambil tas. Trus cabut ke UMM dianter Mas Yuri (sopir sekolah) pake ‘limosin’ Smansa.

Pembukaan jam delapan. Ada sesosok makhluk yang menarik perhatian saya sama Rista. Seonggok pria. Kami menatap pria gendut itu dengan seksama, hingga Rista bilang, “Koyone aku wis tau ngerti wong iki, Rul!” (artinya: kayaknya gue pernah liat nih orang). Saya jawab, “Iki ki pegawai dinas sing nye*eli kae lho.” (artinya: ini tuh pegawai dinas yang nye*eli). Ya, kami bertemu seorang Pegawai Dinas Pendidikan yang ……….. kayak gitulah. Soalnya, si Bapak ini cukup menghambat proses perizinan Sibema Cup, event yang udah pernah saya ceritakan. Lupakan soal si Bapak, balik ke acara bertema “Merintis Media Sekolah” yang diketuai oleh Mas Fauzi, (info ga penting : namanya sama kayak Ketua OSIS di sekolah saya, Fauzi alias Uzek).

Habis pembukaan ada orientasi. Yah, kenalan2 gitu. Soalnya ini acara diikuti oleh mayoritas SMA/SMK Negeri se-Magelang. Dilanjutin materi-materi kejurnalistikkan. Sebenarnya, saya dan Rista, pernah dapet materi-materi kayak gini. Tapi masih simple, belum mendalam kayak sekarang. Awalnya saya semangat, tapi lama kelamaan, kondisi fisik saya tidak mendukung. Masalahnya Cuma satu : meriang. Dan itu adalah salah saya sendiri. Semakin malam, rasa kantuk ini tambah nggak bisa diajak kompromi. Tambah kepala berat banget (baca : pusing). Nah, pas acara motivasi dari Pimred Magelang Ekspres, (jujur, saya udah nggak konsen, saya Cuma butuh tidur saat itu. Satu jam saja wis!) Mas Salman, salah seorang panitia, tiga kali tanya ke saya, “Mbak kamu sakit?”. Saya jawab, “Nggak. Nggak apa-apa.” Saya juga minta Rista untuk bungkam. Saya nulis sesuatu di laptopnya Rista :

Sekarang, badan gue meriang banget. Gara2 tadi malem gue tidur sampe malem. Ngapain??? Soalnya gue nonton film “Satu Jam Saja”. Emang sih judulnya satu jam saja tapi filmnya lama. Apalagi sore2 ini gue kehujanan deres terus. Yah, oke. Emang salah gue sendiri . Tapi, tenang gue akan bertahan.

Sekitar jam sebelas malem, acara selesai. Bahagianya . Begitu sampai tempat penginapan (halah!), saya langsung ambil selimut. BOBOK!! Mau dikatain kebo, ato apalah. Terserah! ‘Yang tahu fisik gue ya gue sendiri. Gue lagi butuh istirahat.’ Begitulah prinsip saya waktu itu. Meskipun berkali-kali terjaga, tapi paginya saya bangun udah sumringah kok. Alhamdulillah.

Paginya, saya ngikutin kegiatan lagi. Ada game juga, jadi saya bahagia. Hehehe. (info nggak penting: saya seneng ikut game, tapi saya tidak suka kalau game itu pake hukuman nyanyi. Oke, saya suka nyanyi. Tapi nggak di depan umum, apalagi dengan suara saya yang mengharukan ini. :P )

Dari semua materi yang diberikan, saya paling seneng materi layout. Saya tertarik bikin desain-desain gitu. Aber leider (sayangnya), waktunya terbatas. Jadi materinya kurang mendalam. Sumpah! Saya jadi ingin belajar materi layout di lain waktu. Saya tertarik buanget. Tapi Mas Adit, sang pelatih mau ngajarin nggak ya?? Duh, hasrat pengen belajar nih. Saya juga suka waktu kunjungan ke markas Magelang Ekspres. Sebenernya, saya pengen liat pas Koran itu dicetak pake mesin yang katanya Mas Fauzi seharga 6 M. Aber leider, korannya pas belum dicetak. (Kalo sekarang info penting: di Magelang Ekspres, saya diliatin kertas yang nggak bisa sobek. Saya takjub! Hahaha. Baru kali ini saya liat. Ndeso??? Biarin! Emang lo pernah liat??)

Secara keseluruhan, saya seneng ikut acara ini. Sudah lama saya dan Rista pengen ngadain acara temu jurnalis. Aber leider (saya lagi suka pake kata bahasa jerman ini, nggak apa-apa ya! ^^V), dana kami terbatas. Eh, tapi ada sesuatu terjadi pas tengah-tengah acara. Ibuk saya SMS : “Mbak, pulangnya bareng Mbak Nisa ya! Mbah Ibu sedo.” Iya, Mbah saya meninggal dunia, tapi dimakamkan Senin. Ah, udah nggak usah silsilah, balik ke topik utama. Semoga acara ini jadi awal buat menjalin silaturahmi sama kawan-kawan jurnalis muda se-Magelang. Jadi awal buat Merintis Media Sekolah, bagi mereka yang belum punya. Dan jadi pengetahuan buat kami, Redaksi Berita Smansa dalam mengembangkan mading dan majalah sekolah yang udah ada. Amin

You May Also Like

0 comments