Dua Puluh Dua

by - January 26, 2016

this lovely handlettering is created by my besties, Icha.
Makasih chaak *hug*

Bismillahirrahmanirrahiim :)
So, here is my very first post on my twenty two, very first post in 2016 too.
Grateful and glad for reaching this age. Alhamdulillah.

Sebelumnya, izinkanlah saya flashback pada setahun lalu, pada dua-puluh-satu-nya saya. Dua puluh satu adalah angka kesukaan saya, dan di angka favorit itu begitu banyak anugerah dari Allah SWT yang dilimpahkan kepada saya. Begitu banyak hal baru dan tempat-tempat baru yang saya kunjungi, dan orang-orang hebat yang saya temui, membuat saya selalu sadar bahwa di atas langit masih ada langit, sekaligus membuat saya termotivasi untuk selalu mengembangkan diri untuk meraih mimpi-mimpi. Suka dan duka juga banyak saya temui di usia dua puluh satu, peristiwa-peristiwa jatuh bangun yang mengajarkan saya untuk lebih bijaksana menyikapi hidup. Terima kasih kepada orang-orang yang saya temui di usia dua puluh satu, yang memberikan begitu banyak pelajaran pada saya. Kini, saya harus meninggalkan angka favorit saya menuju angka baru: 22.

Dua puluh dua, umur baru di tahun baru, kalau ditanya tentang resolusi, tentu saja ada beberapa resolus... (ah, saya lebih suka menyebutnya dengan kata 'impian') impian besar dan juga impian-impian sederhana yang telah saya susun dalam benak saya. Niat kuat, kerja keras, dan doa adalah tiga hal mutlak yang harus saya sinergikan untuk mencapai impian-impian itu. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, wisuda, tentu saja menjadi salah satu hal yang ingin saya tempuh di tahun ini. Menyelesaikan satu babak kehidupan untuk segera mengukir kisah baru, bersaing di dunia yang sesungguhnya, dunia di luar nama besar Gadjah Mada.

Tentang kisah baru setelah wisuda S1, umumnya teman memilih untuk menempuh pendidikan pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri, ada juga yang ingin cepat-cepat mencari pahala lewat bahtera pernikahan, namun banyak pula yang memilih untuk bekerja. Yaa, beberapa teman menuliskan impian mereka lewat kalimat-kalimat seperti: your future doctor, your future accountant, your future engineer, your future dentist, dan berbagai your future ... sesuai program studi yang tengah mereka tempuh. Tapi tidak dengan saya, jika harus menulis kalimat serupa itu sesuai dengan bidang pendidikan yang saya tempuh, maka your future policy maker sejujurnya terdengar berat bagi saya. Ya, menentukan kebijakan bagi orang banyak adalah amanah yang cukup berat. Meski demikian, saya tidak lantas merasa salah jurusan kuliah. Saya sangat bersyukur memiliki kesempatan untuk belajar di Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik Fisipol UGM. Begitu banyak ilmu yang saya pelajari di sini. Saya juga memiliki cita-cita yang tak jauh-jauh bidangnya dari jurusan saya. Kalau toh nanti saya dan teman-teman dari JMKP benar-benar mendapat amanah untuk menjadi pembuat kebijakan entah di birokrasi pemerintahan ataupun perusahaan-perusahaan swasta, semoga kami senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk menentukan kebijakan-kebijakan terbaik bagi umat. Amin.

Dua puluh dua. Semakin bertambahnya usia yang berarti berkurangnya jatah umur kita, akan semakin banyak hal yang berubah. Perubahan adalah keniscayaan bukan? Dan manusia diciptakan memang untuk beradaptasi dengan perubahan, karenanya jangan statis. Semoga saya ah kita tetap semangat berproses sedikit demi sedikit, menyesuaikan keadaan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Sambil terus melakukan kebaikan-kebaikan kecil setiap harinya :)

Dua puluh dua. Apa yang telah lalu, biarlah berlalu dan jadikan pelajaran berharga. Apa yang menyakitkan atau mungkin menyebalkan insyaallah dimaafkan, demi hati dan pikiran yang damai. Apa yang menyenangkan dan juga mengesankan disyukuri dan biar jadi kenangan. Saya jadikan itu alasan untuk merasa bahagia dan mengukir senyum setiap kali mengingatnya :) Everything happen for a reason.

Semoga hal-hal hebat juga terjadi di usia dua puluh dua dan semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan untuk mewujudkan setiap impian. Amin.
Last...no matter how you feel,
dress up, get up, and never give up! 

You May Also Like

0 comments