Leadership Camp Gamapi UGM 2013

by - March 28, 2013

Setelah open recruitment dan pengumuman kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Gamapi 2013, diadakan Leadership Camp buat para pengurus baru Gamapi (Keluarga Mahasiswa Manajemen dan Kebijakan Publik) yaitu Sabtu-Minggu tanggal 16-17 Maret 2013. Leadership Camp yang diadakan di Desa Kebangsaan, Imogiri, Bantul ini intinya semacam acara pelatihan kepemimpinan dan menjalin keakraban buat para pengurus baru.

Kami berangkat dari Kampus Fisipol Unit II naik truk. Iya truk, man! Yang biasa dipakai buat ngangkut pasir. Asyik loh. Lo harus coba! Nggak gaul pokoknya kalo belum pernah naik truk :p Sekitar satu sentengah jam perjalanan dan kami sampai di lokasi. Tempatnya oke, sejuk. Banyak pohon jatinya. Agak gunung juga. Jadi, menurutku itu tempatnya sebenernya semacam padepokan. Tapi bukan buat bertapa, kata bapaknya yang punya padepokan sih emang tempat yang udah berdiri sejak 1998 itu biasa dipakai buat acara leadership training gitu.



picture taken by Mas Harji  Kalbuadi (Divisi Medsi Gamapi)


Sampai di sana, para pengurus baru dikasih pengarahan dan ada sharing tentang leadership sama alumni Gamapi yang dulu masih bernama KMAN (Keluarga Mahasiswa Administrasi Negara). Disitu terjadi diskusi dan tanya jawab juga. Nambah pengetahuan tentang berorganisasi. Trus malemnya ada nonton film dokumenter yang isinya tentang keindahan Indonesia. Dari situ diharap nasionalisme makin terinternalisasi dalam sanubari pengurus baru Gamapi.

Nah pas tengah malem, tiba-tiba pengurus dibangunkan. Trus kami bikin lingkaran sambil masing-masing punya satu lilin buat dijaga agar tetep nyala. Makna menjaga lilin ini mungkin adalah mengemban amanah. Nggak cuma diem njagain lilin sih, tapi kami juga sharing tentang perasaan terhadap Gamapi. Dilanjutkan bikin cap tangan di kain gelap yang ada tulisannya Gamapi. Habis itu tidur lagi.

nyanyi yel-yel sambil joged :D


Hari minggunya, kami game. Pengurus baru sama pengurus lama digabung, trus bikin kelompok-kelompok gitu. Ada empat macam permainan di empat pos berbeda, ada mainan tepung, ada mainan bola dengan satu kelompok badannya diiket rafia, ada merayap, dan tentunya ada game yang ngisi air ke pipa berlubang. Nah, antara pos satu dan yang lain itu berjauhan. Jadi kami harus berjalan menyusuri dataran tinggi di imogiri. Wuih seru banget, berasa di Merbabu lagi.




Selesai permainan yang seru abis itu, kami makan bareng. Oh iya, tiap kali makan itu kami bareng-bareng. Kayak kenduri gitu. Ini buat mngasah semangat kebersamaan kali ya. Asyik loh, meskipun makannya cuma mie sama krupuk tetep enak, karena bareng-bareng temen Gamapi pastinya.

Last, Gus Nas sang pemilik lokasi berkesempatan datang dan memberi nasehat:
to view from the top, you have three keys

1. climb the mountain
2. to go jungle
2. think like a lion
#gusnas,2013 
yuk semangat the next leader!!!! B) 


You May Also Like

0 comments